Apa penyebab vertigo? Berikut informasinya. (Foto: Pexels.com)
Apa penyebab vertigo? Berikut informasinya. (Foto: Pexels.com)

Penyebab Terjadinya Vertigo

Rona kesehatan gaya vertigo
Raka Lestari • 21 Oktober 2019 14:46

Jakarta: Vertigo adalah sensasi fisik bahwa dunia berputar di sekitar Anda, atau bahwa Anda berputar saat dunia diam. Sensasi pusing atau bahkan kehilangan keseimbangan bisa menyebabkan vertigo tanpa adanya tanda-tanda terlebih dahulu.
 
"Selain sensasi pusing ini, Anda mungkin mengalami mual atau penglihatan ganda sebagai gejala yang terkait. Beberapa orang juga mengalami penurunan pendengaran atau suara mendenging di telinga mereka berdasarkan penyebab vertigo mereka,” kata ahli saraf Arif Dalvi, MD, MBA, dari Palm Beach Neuroscience Institute di Boynton Beach, Florida.
 
Rasa pusing dan berputar-putar yang sebentar saja terkadang membuat beberapa orang merasa takut. Dan rasa pusing dan berputar-putar pada mereka yang mengalami vertigo bisa berlangsung lebih lama.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


“Durasi vertigo tergantung pada penyebabnya. Dengan penyebab yang lebih jinak, mungkin berlangsung beberapa menit, tetapi penyebab lain mungkin menyebabkan vertigo yang berlangsung selama berjam-jam, berhari-hari, atau bahkan berminggu-minggu,” kata Dr Dalvi.
 
Penyebab Terjadinya Vertigo
(Banyak penyakit yang menyebabkan vertigo memengaruhi sistem vestibular (telinga bagian dalam) yang bertanggung jawab untuk mendeteksi lokasi tubuh kita terhadap benda-benda di sekitar kita. Foto: Pexels.com)

Identifikasi lama vertigo

Mengidentifikasi lamanya waktu vertigo Anda secara akurat sangat penting. Informasi ini akan membantu dokter Anda menentukan penyebab vertigo.
 
Vertigo dapat menjadi gejala berbagai kondisi. Beberapa lebih serius daripada yang lain, tetapi apa pun penyebabnya, vertigo sering kali sembuh dengan sendirinya atau dapat diobati.
 
“Banyak penyakit yang menyebabkan vertigo memengaruhi sistem vestibular. Sistem vestibular adalah jalur neuropatik di telinga bagian dalam, yang merasakan gerakan, dan bertanggung jawab untuk mendeteksi lokasi tubuh kita terhadap benda-benda di sekitar kita."
 
"Dalam kondisi medis tertentu, sinyal yang tidak tepat atau salah dapat dikirim melalui saraf vestibular ke area otak lainnya. Ketika ini terjadi, otak menganggap sinyal palsu sebagai gerakan dan kita akhirnya mengalami vertigo,” jelas Derek Bennetsen, DO, seorang dokter darurat di Rumah Sakit ER Colony di The Colony, Texas.
 
Sebagian besar diagnosis vertigo terbagi dalam dua kategori yaitu periferal atau sentral, menurut MedlinePlus National Institutes of Health.
 
Semua itu berarti bahwa sumber masalah ada di telinga bagian dalam Anda (perifer) atau masalahnya ada pada sistem saraf Anda (pusat). Menurut Cervical Awareness, komunitas pasien vertigo, vertigo perifer lebih sering terjadi daripada vertigo sentral.
 
Anda dapat mengonsultasikan vertigo Anda ke dokter spesialis syaraf di beberapa rumah sakit seperti Rumah Sakit Pondok Indah, Rumah Sakit Pusat Pertamina, atau Rumah Sakit Husada. Atau kunjungi pusat layanan terdekat dari rumah Anda.
 


 

(TIN)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif