Kandungan probiotik yang ada pada yogurt dianggap dapat meningkatkan sistem imun yang dapat membantu melawan flu. (Ilustrasi/Pexels)
Kandungan probiotik yang ada pada yogurt dianggap dapat meningkatkan sistem imun yang dapat membantu melawan flu. (Ilustrasi/Pexels)

Manfaat Yogurt dalam Melawan Flu

Rona yogurt influenza
Raka Lestari • 22 Mei 2020 12:03
Jakarta: Yogurt merupakan salah satu camilan yang memiliki banyak manfaat. Salah satunya adalah manfaatnya dalam membantu melawan flu. Kandungan probiotik yang ada pada yogurt dianggap dapat meningkatkan sistem imun yang dapat membantu melawan flu.
 
“Untuk yogurt, memang belum ada banyak penelitian yang menunjukkan bahwa yogurt dapat mengurangi gejala flu. Meskipun memang, dalam beberapa hal secara teori yogurt memang bermanfaat.," kata Mickey Rubin, wakil presiden penelitian nutrisi di National Dairy Council, seperti dilansir CNN.
 
Menurut Kristi L. King, ahli diet terdaftar dari Texas menyebutkan bahwa yogurt mengandung probiotik yang dapat meningkatkan sistem imun tubuh. “Studi juga menemukan bahwa probiotik memiliki hasil yang menjanjikan dalam mengurangi durasi flu,” tambah Rubin.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


“Sebagai contoh, yogurt murni mengandung Lactobacillus bulgaricus dan Streptococcus thermophiles, dimana bakteri-bakteri ini merupakan bakteri yang bermanfaat,” ujar Rubin. “Dan kita juga tahu bahwa yogurt merupakan camilan yang sehat untuk kesehatan tubuh secara keseluruhan, tidak spesifik hanya untuk flu saja,” tutur Rubin.
 
Selain itu, yogurt juga mengandung zinc yang juga dapat meningkatkan sistem imun tubuh. Dilansir dari CNN, sebuah penelitian mengindikasikan bahwa zinc dapat mengurangi durasi gejala flu. Jumlah yang dibutuhkan untuk mendapatkan manfaat tersebut setidaknya 75mg atau sekitar 8 botol kecil yogurt.
 
“Karbohidrat yang terkandung dalam yogurt juga dapat memenuhi kebutuhan energi yang dapat membantu seseorang untuk lebih cepat pulih setelah mengalami flu,” ujar King.
 
Dan menurut studi terbaru yang ditemukan oleh National Dairy Council juga menemukan bahwa wanita yang mengonsumsi yogurt setiap hari selama 9 minggu memiliki tanda inflamasi di darahnya yang lebih rendah.
 
“Flu biasa dan gejalanya merupakan respons inflamasi dari adanya bakteri atau virus yang masuk ke dalam tubuh. Dan mengingat yogurt dapat mengurangi inflamasi, kemungkinan memang bisa sangat bermanfaat meskipun memang masih diperlukan penelitian lebih lanjut,” tutup Rubin.
 

 

(YDH)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif