Alasan lain mengapa rambut menipis yaitu  kekurangan protein dalam makanan. (Foto Creative Hussain/Pexels)
Alasan lain mengapa rambut menipis yaitu kekurangan protein dalam makanan. (Foto Creative Hussain/Pexels)

Perawatan agar Rambut Tebal dan Sehat

Rona rambut
Anda Nurlaila • 23 Agustus 2019 15:08
Jakarta: Rambut tebal dan indah dapat menambah kecantikan seorang wanita. Penampilan rambut umumnya adalah genetik yang diturunkan dalam keluarga.
 
Namun banyak juga yang memiliki rambut yang halus dan tipis serta mengalami kerontokan. Penyebabnya bermacam-macam, karena kehamilan, setelah melahirkan bayi, penyakit tiroid, gangguan autoimun, dan bahkan flu.

-Asupan makanan

Ahli kulit Debra Jaliman menyatakan selain itu ada alasan lain mengapa rambut menipis yaitu  kekurangan protein dalam makanan.
 
"Protein membantu tubuh memproduksi keratin, yang penting bagi struktur rambut," kata Jaliman kepada Health.

-Potongan rambut

Jika rambut rontok, banyak orang yang kemudian memotong pendek rambut mereka. Tujuannya agar tumbuh lebih lebat.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Tapi ahli menyatakan hal ini tidak sepenuhnya benar. Potongan rambut pendek memang akan membuat rambut terlihat lebih tebal dan sehat. Namun rambut yang akan tumbuh tidak akan lebih tebal.
 
Mereka yang memiliki rambut halus, rambut yang makin panjang akan cenderung terlihat berserabut. Sehingga potongan sedang seperti bob memberikan ilusi rambut yang lebih penuh.

-Shampo dan kondisioner yang tepat

Berbagai produk perawatan rambut banyak beredar untuk memenuhi keinginan wanita memiliki rambut tebal dan sehat. Untuk sampo, pilihlah yang khusus untuk rambut halus sekaligus meningkatkan volume rambut untuk mengurangi kesan rambut berserabut.
 
Selain itu, sampo kering atau hair mist yang berfungsi ganda sebagai pelindung panas sekaligus menstimulasi kulit kepala. Pilih hair mist dengan kandungan bahan alami seperti lidah buaya dan protein kedelai yang membantu meningkatkan volume rambut.

-Hilangkan ketombe

Ketombe salah satu alasan terjadinya penipisan rambut. Direktur penelitian kosmetik dan klinis di Departemen Dermatologi di Rumah Sakit Mount Sinai di New York Joshua Zeichner, mengatakan ketombe disebabkan peradangan akibat jamur di kulit kepala yang menyebabkan pengelupasan, dan peradangan di sekitar folikel rambut.
 
Masalah ini dapat menghambat pertumbuhan rambut. Untuk itu gunakan sampo yang mengandung zinc pyrithione untuk menurunkan kadar ragi pada kulit kepala untuk mengobati ketombe, mengurangi peradangan, dan menciptakan lingkungan kulit kepala yang sehat.

-Perawatan profesional

Ahli dermatologi New York, Mona Gohara, mengatakan, menyuntikkan darah sendiri dapat meningkatkan dan merangsang pertumbuhan rambut.
 
Untuk injeksi platelet-rich plasma (PRP), seorang profesional mengambil darah Anda dan kemudian menyuntikkannya kembali ke kulit kepala untuk meningkatkan pertumbuhan rambut. "Hasilnya menjanjikan," tambahnya.

-Suplemen Biotin

Asupan makanan dapat memengaruhi penampilan rambut. Jaliman merekomendasikan suplemen vitamin B atau biotin yang penting untuk energi dan kesehatan rambut, serta kulit dan kuku yang sehat.
 

(FIR)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif