Sudah benarkah self-care yang selama ini Anda terapkan pada diri Anda? Berikut panduannya. (Foto: Ilustrasi. Dok. Toa Heftiba/Unsplash.com)
Sudah benarkah self-care yang selama ini Anda terapkan pada diri Anda? Berikut panduannya. (Foto: Ilustrasi. Dok. Toa Heftiba/Unsplash.com)

Sudah Benarkah Self-care yang Anda Lakukan Selama Ini?

Rona kesehatan psikologi kesehatan mental
Sandra Odilifia • 16 September 2020 15:37
Jakarta: Di masa seperti ini, istilah self-care sedang hangat diperbincangkan dan dipraktikkan, apalagi oleh para wanita. Namun, sepertinya tidak semua orang paham dengan apa yang dimaksud self-care, karena sering kali terjadi mispersepsi mengenai istilah self-care.
 
Self-care itu bukan menyusahkan diri sendiri, melainkan ketika dipraktikkan dengan sesuai, aktivitas self-care memberikan dampak positif bagi tubuh dan pikiran Anda, tidak sebaliknya.
 
Untuk itu, berikut beberapa contoh self-care yang dapat Anda pahami dengan mudah, seperti dalam akun resmi Instagram Kariib, Konseling Online @sahabatkariib.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


1. Self-care itu menerima bantuan, bukan memaksakan diri agar orang lain terkesan
 
2. Self-care itu istirahat yang cukup, bukan nonton semalaman dan kurang tidur
 
3. Self-care itu berpakaian yang membuat Anda nyaman, bukan belanja tanpa memperhatikan anggaran
 
4. Self-care itu menjadwalkan waktu olahraga, bukan menekan diri melewati batas demi penampilan
 
5. Self-care itu meluangkan waktu untuk jalan bersama teman, bukan keluar sepanjang waktu dengan mengorbankan hal lain yang lebih penting
 
6. Self-care itu menetapkan batas-batas yang sehat dengan keluarga dan teman, bukan menarik diri dari hubungan positif dan mengisolasi diri. Jadi sudahkah Anda melakukan self-care yang tepat? Jika belum pertimbangan untuk melakukan hal baik bagi diri Anda sendiri.
 
(TIN)


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif