Bagi Anda yang memiliki kulit sensitif tidak perlu khawatir, karena masih bisa melakukan perawatan stem cell ini (Foto: Pexels)
Bagi Anda yang memiliki kulit sensitif tidak perlu khawatir, karena masih bisa melakukan perawatan stem cell ini (Foto: Pexels)

Tips Sebelum Melakukan Perawatan dengan Metode Stem Cell

Rona kecantikan
Raka Lestari • 22 Juli 2019 15:21
Perawatan wajah dengan metode stem cell atau sel punca ini dilakukan dengan cara mengambil sel lemak. Kemudian sel lemak itu disimpan dalam laboratorium guna menghasilkan stem cell.
 
Jakarta:
Melakukan perawatan wajah dengan metode stem cell atau sel punca akhir-akhir ini cukup menjadi tren. Hal ini karena beberapa public figure sudah banyak yang melakukan metode stem cell pada wajah mereka.
 
Perawatan wajah dengan metode stem cell atau sel punca ini dilakukan dengan cara mengambil sel lemak. Kemudian sel lemak itu disimpan dalam laboratorium guna menghasilkan stem cell. Cara itulah yang akan disuntikkan ke bagian tubuh.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Sebelum melakukan perawatan ini, pasien harus memerhatikan bahwa ada beberapa tahapan yang perlu diperhatikan.
 
"Pasien sebelum mendapatkan terapi penyuntikan Stemcell harus menjalani pemeriksaan fisik dan laboratorium lengkap dan terapi penyuntikan harus dilakukan oleh dokter yang kompeten," ujar dr. Zenitalia Pasongka,. M.Biomed (AAM).
 
Saat ini, hanya 11 rumah sakit di Indonesia yang menjadi pusat pengembangan pelayanan medis penelitian dan pendidikan bank-jaringan dan sel punca atau stem cell. Sebelas rumah sakit tersebut di antaranya adalah Rumah Sakit Dr. Cipto Mangunkusumo dan Rumah Sakit Dr. Soetomo sebagai pembina.
 
Selanjutnya RS Dr. M. Djamil, Padang, Sumatera Barat, RS Jantung Harapan Kita, Jakarta, RS Fatmawati, RS Kanker Dharmais, RS Persahabatan, RS Dr. Hasan Sadikin, Bandung, RS Dr. Sardjito, Yogyakarta, RS Dr. Karyadi, Semarang, dan RS Sanglah, Bali.
 
Lebih lanjut, dr. Nita menambahkan, sebelum melakukan perawatan dengan menggunakan metode stem cell atau sel punca ini sebaiknya jangan menggunakan obat hormonal dan obat steroid selama terapi menggunakan sel punca.
 
"Biasanya diberikan jarak sekitar 6 bulan untuk melakukan terapi lanjutan kembali hal ini dimaksudkan agar Sel punca dapat tumbuh dengan sempurna di lapisan kulit wajah," terang dr Nita.
 
Bagi Anda yang memiliki kulit sensitif tidak perlu khawatir, karena dr. Nita mengatakan, bagi yang memiliki kulit sensitif masih bisa melakukan perawatan dengan metode stem cell selama dilakukan dengan pengawasan dokter yang kompeten.
 
"Semua jenis kulit bisa menjalani terapi, namun sebelumnya dilakukan pemeriksaan fisik dan laboratorium lengkap. Kondisi yang tidak diperbolehkan untuk melakukan metode ini adalah wanita yang sedang hamil," jelas dr. Nita. 
 
"Kelebihan lain dari melakukan metode stem cell ini juga reaksi alergi yang minimal. Jika Sel yang diperoleh untuk terapi berasal dari orang lain, kemungkinan akan menimbulkan reaksi alergi, namun jika sel diambil dari jaringan lemak tubuh pasien sendiri reaksi alergi sangat minimal," tutup dr. Nita.
 
Rahasia Menjaga Tubuh Agar Tetap Sehat dan Awet Muda

 

(FIR)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif