Foto Ilustrasi: Jon Sonn/Unsplash)
Foto Ilustrasi: Jon Sonn/Unsplash)

Makanan yang Mengandung Banyak Air

Rona tips kesehatan
Raka Lestari • 26 Mei 2019 17:17
Cairan tak hanya melulu kita dapatkan dari minuman. Sebab beberapa makanan juga mengandung cairan. Gunanya agar tubuh Anda terhidrasi dengan baik.
 
Jakarta: Selain minum air dalam jumlah yang cukup, mengonsumsi beberapa sayuran atau buah-buahan yang mengandung banyak air juga bisa dilakukan untuk menjaga agar tubuh tetap terhidrasi. Mendapatkan asupan cairan yang cukup bagi tubuh sangat penting bagi kesehatan.
 
Ada banyak makanan yang bisa memenuhi asupan cairan pada tubuh Anda. Makanan alami, seperti buah dan sayuran mengandung banyak sekali air yang sangat baik untuk ditambahkan dalam makanan Anda.
 
Melissa Bailey, MS, RD, LDN, ahli diet dari Amerika Serikat memberi tahu beberapa sumber buah dan sayuran yang mengandung banyak air. Di antaranya sebagai berikut:

1. Semangka

Semangka merupakan salah satu buah-buahan yang terkenal banyak mengandung air. Menurut Bailey, semangka mengandung 92 persen air. Selain itu, semangka juga merupakan sumber potassium yang baik, yang merupakan elektrolit untuk menjaga tubuh tetap terhidrasi.

2. Melon

Meskipun melon memiliki kandungan air yang lebih sedikit dibandingkan semangka, bukan berarti buah melon tidak memiliki nutrisi yang baik bagi tubuh. Seperempat bagian melon mengandung banyak kandungan vitamin A dan vitamin C yang diperlukan tubuh.

3. Timun

Makanan yang Mengandung Banyak Air
Mengonsumsi timun mentah dengan saus yang terbuat dari yogurt bisa menjaga agar tubuh Anda tetap terhidrasi dengan baik. Yogurt dan timun keduanya memiliki kandungan air dan potassium yang tinggi. Timun juga mengandung sekitar 96 persen air.

4. Nanas

Nanas segar juga memiliki kandungan air yang cukup banyak dan kaya akan vitamin untuk dikonsumsi secara langsung. Mengonsumsi nanas yang masih segar sangat dianjurkan jika Anda ingin menjaga hidrasi tubuh. Berbeda dengan minuman rasa nanas yang terkadang sudah ditambahkan zat atau gula tambahan yang justru bisa membuat tubuh dehidrasi.

5. Stroberi

Makanan yang Mengandung Banyak Air
Stroberi mengandung sekitar 90 persen air dan sangat juicy ketika dimakannya. Satu porsi stroberi atau sekitar 8 buah strawberry juga dapat memenuhi sekitar 5 persen akan kebutuhan potassium harian Anda. Anda juga bisa menambahkan strawberry dengan air untuk dijadikan infused water untuk mendapatkan hidrasi ganda.

6. Tomat

Tomat merupakan salah satu sumber makanan yang sangat baik untuk menjaga tubuh tetap terhidrasi dengan baik. Tomat juga merupakan sumber likopen yang sangat baik. Likopen merupakan zat antioksidan yang baik untuk melindungi tubuh terhadap kanker tertentu.
 
Hobi Kuliner? Gak Perlu Takut Kolesterol

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?



(FIR)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif