Tak Selalu Baik, Ini Dampak Berbahaya jika Bangun Tidur Terlalu Pagi

Sri Yanti Nainggolan 13 September 2018 18:00 WIB
tips kesehatan
Tak Selalu Baik, Ini Dampak Berbahaya jika Bangun Tidur Terlalu Pagi
(Foto: Medical Daily)
Jakarta: Bangun pagi memiliki banyak manfaat bagi tubuh. Namun, jika terlalu pagi, justru tak baik. Beberapa orang dipaksa untuk bangun lebih pagi karena alasan tertentu, seperti jadwal kerja atau ada kegiatan khusus. Padahal hal itu dapat berdampak buruk pada tubuh.

Berikut adalah beberapa alasan mengapa bangun terlalu pagi tak baik untuk kesehatan seperti dilansir dari The Health Site.

1. Kelelahan


Tubuh cenderung merasa sangat lelah jika memulai hari terlalu cepat, terutama untuk mereka yang tak terbiasa. Pada akhirnya, Anda akan mengantuk seharian atau tidur pada siang hari. Pada akhirnya, banyak orang mengonsumsi minuman kafein atau makanan manis secara berlebihan.

2. Kurang tidur

Hal ini umumnya tergantung pada pekerjaan yang dilakukan. Jika Anda bekerja hingga larut malam dan harus bangun lebih cepat keesokan harinya, maka tubuh akan kurang tidur. Hal itu akan berdampak pada fungsi otak yang tak bisa maksimal. Selain itu, tidur juga akan semakin sulit jika kelelahan, yang membuat durasi tidur makin berkurang. Tubuh akan tertekan dan kelelahan terus.

3. Risiko kesehatan

Kebiasaan bangun terlalu pagi dapat meningkatkan risiko stres. Sebuah studio yang dilakukan oleh University of Westminster menemukan bahwa bangun sebelum pukul 7 pagi dapat meningkatkan hormon stres sepanjang hari dibandingkan mereka yang tidur lebih lama. Akibatnya, tubuh mulai mengalami migrain, perubahan suasana hati, dan nyeri otot. 







(DEV)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id