Menderita Migrain? Baiknya Anda Tidak Mengonsumsi Makanan Ini
Dilansir dari Boldsky.com, kandungan kafein dalam kopi dapat menyebabkan saraf di kepala Anda terangsang dan memicu migrain. (Foto: Karl Fredrickson/Unsplash.com)
Jakarta: Sakit kepala atau migrain yang mengerikan, seringkali menjadi sangat merepotkan dan menghalangi kegiatan sehari-hari dan produktivitas Anda. Migrain adalah salah satu penyakit yang paling umum dihadapi oleh orang-orang.

Badan Penelitian dan Pengembangan (Litbangkes) Kementerian Kesehatan mencatat, pada tahun 2014, prevalensi migrain di Indonesia 22,4 persen dari studi populasi.

Meski penyebab pasti sakit kepala migrain tidak diketahui secara jelas, ada sejumlah faktor seperti kebiasaan makan, stres, ketidakseimbangan hormon, dan lainnya yang dapat memicu serangan migrain.


Sehingga, ketika Anda menderita migrain, ada baiknya untuk tidak mengonsumsi makanan yang dapat memicunya. Dilansir dari Boldsky.com, berikut adalah makanan yang harus dijauhi oleh penderita migrain.


(Dilansir dari Boldsky.com, kandungan kafein dalam kopi dapat menyebabkan saraf di kepala Anda terangsang dan memicu migrain. Foto: Tyler Nix/Unsplash.com)

1. Kopi
Sebagian besar dari kita tidak dapat berfungsi tanpa beberapa cangkir kopi dalam sehari, bukan? Meskipun benar bahwa kopi kaya akan antioksidan dan disertai beberapa manfaat kesehatan seperti menjaga agar otak tetap waspada.

Namun kopi juga memiliki beberapa efek kesehatan negatif. Kandungan kafein dalam kopi dapat menyebabkan saraf di kepala Anda terangsang dan memicu migrain.

2. Pemanis buatan
Saat ini, banyak makanan dan minuman yang kita konsumsi mengandung banyak pemanis buatan yang mengaku lebih sehat daripada gula. Minuman ringan, cokelat, permen, dan lainnya. Namun pemanis buatan memiliki banyak efek kesehatan negatif, termasuk migrain. Kandungan aspartam dalam pemanis buatan dapat memicu terjadinya migrain.

(Baca juga: Perbedaan Sakit Kepala Biasa dan Migrain)

3. Alkohol
Alkohol telah menjadi sangat populer di kalangan orang-orang, terutama kaum muda yang suka bersantai dan bersenang-senang. Seperti kita ketahui, alkohol sangat berbahaya bagi kesehatan, baik fisik maupun mental.

Seiring dengan menimbulkan masalah seperti penyakit pencernaan, gagal hati dan bahkan kanker, alkohol juga bisa menimbulkan kecanduan. Alkohol juga memiliki sifat inflamasi yang dapat memicu migrain.


(Keju, terutama parmesan dan feta juga mengandung tyramine yang diketahui dapat memicu migrain. Foto: Katerina Pavlickova/Unsplash.com)

4. Daging Olahan
Daging olahan adalah jenis daging yang dikalengkan atau dikemas dengan bahan pengawet. Pengawet mengandung asam nitrat yang bisa melebarkan pembuluh darah di otak, memicu migrain. Ketimbang mengonsumsi daging olahan, ada baiknya Anda selalu memilih daging segar.

5. Acar
Sebagian orang suka menambahkan makanannya dengan acar seperti mangga, buah zaitun, timun, dan lain-lain agar lebih enak. Sebagaimana diketahui, proses pembuatan acar melibatkan fermentasi untuk membantu mewujudkan rasa dan tekstur.

Saat fermentasi makanan, kadar tyramine di dalamnya meningkat. Tyramine adalah senyawa yang bisa menyebabkan ketidakseimbangan hormon yang memicu migrain.

6. Keju
Keju adalah salah satu produk susu yang paling populer dan dinikmati oleh banyak orang. Meski keju kaya akan protein dan kalsium, namun keju memiliki efek samping negatif seperti kenaikan berat badan. Keju, terutama parmesan dan feta juga mengandung tyramine yang diketahui dapat memicu migrain.









(TIN)

metro tv
  • Opsi Opsi
  • kick andy Kick Andy
  • economic challenges Economic Challenges
  • 360 360