(Foto: Healthline)
(Foto: Healthline)

Kenali Prediabetes untuk Cegah Diabetes

Rona tips kesehatan
Sri Yanti Nainggolan • 24 Oktober 2018 14:12
Jakarta: Gangguan diabetes tak muncul begitu saja. Umumnya, penyakit tersebut ditandai dengan prediabetes. 

"Penting mengetahui adanya prediabetes supaya bisa mencegahnya menjadi diabetes," ujar spesialis endokrinologi Dr Dante Saksono, SpPD-KEMD, Ph.D dalam temu media, Rabu, 24 Oktober 2018. 

Ia menjelaskan, prediabetes memiliki pertanda umum, yaitu adanya garis hitam di belakang leher atau Acanthurus nigricans. Area gelap tersebut merupakan pertanda bahwa insulin dalam tubuh tak bekerja. 

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?



Jika sudah demikian, sebaiknya segera mendatangi tenaga profesional. Namun, bukan berarti Anda hanya waspada saat muncul tanda tersebut. Pemeriksaan gula darah rutin adalah kunci deteksi dini. 

Setahun sekali adalah waktu yang ideal untuk mengecek gula darah bagi mereka yang tak memiliki masalah kesehatan secara umum. 

Sementara, bagi mereka yang memiliki faktor risiko disarankan periksa enam bulan sekali. Beberapa faktor risiko tersebut adalah obesitas, berusia di atas 40 tahun, memiliki anggota keluarga yang terkena diabetes, memiliki riwayat penyakit jantung dan pembuluh darah, dan pernah melahirkan bayi dengan berat badan di atas 4 kg. 




(DEV)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi