Berikut ini adalah lima tanda penyakit di tubuh. (Foto: Pexels.com)
Berikut ini adalah lima tanda penyakit di tubuh. (Foto: Pexels.com)

5 Tanda Penyakit yang Terlihat di Tubuh

Rona tanda penyakit di tubuh
Raka Lestari • 14 Oktober 2019 15:05
Jakarta: Ketika seseorang mengalami suatu penyakit, hal tersebut bisa terlihat dari gejala-gejala yang dialaminya. Namun ternyata ciri-ciri wajah tertentu dapat mengungkapkan tanda-tanda kesehatan yang dialami oleh seseorang tersebut. Tanda peyakit bisa terlihat dari tubuh Anda.
 
Berikut ini adalah beberapa kondisi tubuh Anda yang menunjukkan kondisi medis Anda:

1. Kulit atau bibir yang kering dan bersisik

Roshini Raj, MD, asisten profesor kedokteran di NYU School of Medicine mengatakan kulit atau bibir yang kering dan bersisik Ini adalah tanda umum dehidrasi.
 
Ini juga dapat mengindikasikan masalah yang lebih serius yang memengaruhi fungsi kelenjar keringat, seperti hipotiroidisme (ditandai dengan kadar hormon tiroid yang tidak mencukupi) atau diabetes. Tanda-tanda lain dari hipotiroidisme adalah kedinginan, penambahan berat badan, dan kelelahan.

2. Bulu rambut yang berlebihan

Rambut-rambut halus, terutama di sepanjang garis rahang, dagu, dan bibir atas, bisa menjadi gejala sindrom ovarium polikistik (PCOS), ketidakseimbangan hormon di mana kadar hormon pria meningkat.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Pastikan Anda mengetahuinya dengan berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu. Tapi jangan langsung menganggap ada sesuatu yang salah karena kelebihan rambut di wajah Anda mungkin bisa terjadi karena keturunan.
 
5 Tanda Penyakit yang Terlihat di Tubuh
(Ciri-ciri wajah tertentu dapat mengungkapkan tanda-tanda kesehatan yang dialami oleh seseorang. Foto: Ilustrasi. Dok. Pexels.com)

3. Mata berkantung dan bengkak

Mata yang terlihat lelah bisa menjadi tanda bahaya alergi kronis, yang melebarkan pembuluh darah dan menyebabkannya bocor. Menurut Dr Raj, kulit sensitif di bawah mata Anda dapat menjadi bengkak dan rona biru ungu yang gelap jika terjadi alergi kronis. Penyebab lain yang mungkin adalah hipotiroidisme dan sleep apnea.

4. Wajah asimetris

“Ini bisa menjadi salah satu tanda pertama dari stroke,” kata Leana Wen, MD, seorang dokter darurat di Universitas George Washington.
 
Anda mungkin juga memerhatikan bahwa satu sisi wajah Anda mati rasa atau merasa seolah-olah Anda tidak dapat sepenuhnya tersenyum. Asimetri juga bisa berasal dari Bell's Palsy, tetapi paling sering terjadi karena stroke.

5. Ruam dan bercak

Dr Raj mengatakan masalah pencernaan tertentu mungkin muncul pada kulit. Rasa gatal pada benjolan merah dapat mengindikasikan penyakit seliaka, suatu kelainan autoimun di mana tubuh bereaksi terhadap gluten.
 
Ruam berbentuk kupu-kupu di tulang pipi dan di atas jembatan hidung bisa menjadi tanda lupus, penyakit autoimun. Alergi, eksem dan rosacea (suatu kondisi yang menyebabkan benjolan kemerahan dan biasanya kecil, merah, dan berisi nanah di wajah), dan infeksi tertentu juga dapat memicu ruam wajah.
 

 

(TIN)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif