Kenali Tanda Anda Alergi terhadap Alpukat
(Foto: Shutterstock)
Jakarta: Alpukat mengandung lemak tak jenuh yang baik untuk kesehatan jantung. Buah ini juga menjadi pilihan tepat untuk memenuhi kebutuhan lemak sehat dan cocok bagi Anda yang sedang diet.

Sayangnya, ada beberapa orang yang alergi terhadap buah ini. Bagaimana itu bisa terjadi? 

Dilansir dari Bustle, alpukat memiliki histamin yang tinggi, yang merupakan salah satu penyebab utama alergi secara umum.


"Histamin adalah bahan kimia alami yang diproduksi dan digunakan oleh tubuh dan memiliki beberapa fungsi. Histamin berperan dalam pelepasan asam lambung, menghasilkan pembengkakan dan peradangan yang penting bagi kemampuan sistem kekebalan tubuh untuk menyembuhkan infeksi," kata Tamara Duker Freuman, seorang ahli gizi terdaftar. 

Meskipun histamin memiliki manfaat bagi tubuh, mengonsumsi makanan yang mengandung histamin tinggi dapat membuat Anda merasa tidak nyaman.

"Dalam beberapa kasus, Anda mungkin akan mengalami reaksi peradangan dalam sistem pencernaan yang menghasilkan gejala yang sangat mirip dengan Irritable Bowel Syndrome (IBS) dan Gastroesophageal reflux disease (GERD) seperti pengencangan dada, nyeri ulu hati, kembung dan atau diare secara tiba-tiba," ujar Freuman.

Dikutip dari Healthline, gejala alergi alpukat ditandai dengan pembengkakan bibir, bersin, mata gatal, dan rasa tidak nyaman di perut seperti muntah-muntah. 
Anda juga bisa mengalami reaksi sistemik, termasuk gatal-gatal, dan respons anafilaksis seperti pembengkakan saluran udara dan kesulitan bernapas. 

Namun, dalam situasi ini, Anda mungkin dapat menghindari reaksi alergi dengan mencuci buah secara menyeluruh dan memilih alpukat organik. Anda juga sebaiknya menghindari makan alpukat di restoran.





(DEV)