Ilustrasi (Foto: Shutterstock)
Ilustrasi (Foto: Shutterstock)

Apakah Mungkin Bisa Merasa Senang dan Sedih pada Waktu Bersamaan?

Rona psikologi
Raka Lestari • 15 Juni 2018 09:55

Jakarta: Bicara tentang mixed feelings, atau emosi yang bercampur mungkin bisa membingungkan. Perasaan yang bercampur atau mixed feelings bukanlah seperti ketika Anda merasa sedih tetapi Anda tetap tersenyum untuk menyembunyikan kesedihan Anda. Bukan seperti itu, tetapi memang benar-benar perasaan yang saling bercampur. 
 
Jeff Larsen, seorang profesor psikologi di University of Tennessee, Knoxville, mengatakan bahwa itu mungkin saja terjadi yaitu dimana Anda merasakan emosi yang bercampur menjadi satu, katanya kepada TODAY. "Biasanya, kita merasakan emosi satu per satu. Tetapi ada saat-saat dimana kita bisa merasakan keduanya, meskipun itu sangat jarang, tetapi cukup menarik."
 
Larsen yakin pengalaman itu langka, tetapi mungkin. Dengan kata lain, kita biasanya tidak merasa bahagia dan sedih pada saat yang sama, tetapi kita dapat merasakan seperti itu. Menurut Laurie Santos, profesor psikologi dari Yale University mengatakan hal-hal yang bisa mmemicu keadaan bahagia dan sedih pada saat bersamaan diantaranya adalah seperti acara wisuda atau pindah ke kota baru untuk pekerjaan. Situasi ketika Anda sedih dimana Anda harus pergi, tetapi senang dengan peluang baru, katanya.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Penyebab umum lainnya adalah kematian orang yang dicintai, biasanya kakek-nenek, yang telah meninggal setelah hidup yang panjang dan sudah menjalaninya dengan baik terutama jika orang itu menderita atau sakit dan Anda berpikir bahwa itu merupakan takdir yang terbaik bagi mereka, ujar Santos. 
 
Para psikolog percaya bahwa pikiran kita memiliki rentang untuk merasa bahagia sekaligus sedih pada saat yang sama untuk membantu kita beradaptasi. "Manusia memiliki pikiran paling canggih dalam sejarah planet ini dan kita memiliki pikiran yang kompleks ini, sebagian, karena kita hidup di dunia yang kompleks," kata Larsen.
 

 


 

(ASA)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif