Ilustrasi--Foto: gettyimages
Ilustrasi--Foto: gettyimages

Mitos soal Kista dan Kanker Rahim

Rona kanker kista ovarium
Sunnaholomi Halakrispen • 12 Oktober 2019 14:03
Jakarta: Kista dan kanker rahim merupakan dua penyakit yang kerap rentan menyerang perempuan. Jika tidak ditangani, bisa semakin memperburuk kondisi fisik maupun psikis.
 
Mitos yang beredar pun tidak sedikit. Sebelum memercayai mitos tersebut begitu saja, perlu diketahui bagaimana faktanya berdasarkan ilmu kedokteran.
 
Salah satunya, tentang minum es dan soda saat menstruasi yang konon berisiko kista atau kanker rahim. dr. Widyorini Lestari Hanafy, Sp. OG (K) dari RS Pondok Indah – Pondok Indah tidak membenarkan kabar tersebut.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Minum es dan soda saat menstruasi tidak menyebabkan kista atau kanker rahim. Tidak ada hubungannya," dr. Widyorini kepada Medcom.id, di Jakarta.
 
Kista atau kanker rahim dapat berhubungan dengan berbagai faktor seperti genetic atau bisa juga dari siklus menstruasi. Penyebab pastinya sampai saat ini tidak ada.
 
Dokter Spesialis Kebidanan dan Kandungan Konsultan Onkologi Ginekologi itu menekankan bahwa mengonsumsi soda dan minuman dingin tidak ada kaitannya sama sakali dengan dua penyakit itu.
 
Solusi untuk menghindari dua penyakit itu justru dari pemeriksaan kesehatan secara rutin. Hal ini untuk mengetahui dengan cepat, baik kemungkinan positifnya maupun penanganannya.
 
"Agar terhindar dari risiko kista atau kanker rahim, wanita perlu melakukan skrining USG setahun sekali untuk mendeteksi ada tidaknya kista atau gejala awal kanker rahim. Di samping itu, lakukan pap smear dan atau test HPV untuk skrining kanker serviks," jelasnya.
 
Melakukan vaksinasi HPV juga penting dilakukan untuk mencegah kanker serviks. Selain itu, jangan lupa juga untuk selalu menerapkan pola hidup sehat.
 
Di antaranya, dengan mengonsumsi makanan bergizi seimbang serta perbanyak konsumsi buah dan sayur. Rutin juga melakukan aktivitas fisik untuk menjaga bobot tubuh tetap ideal.
 

 

(YDH)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif