Wajah kulit bebas jerawat juga harus diperhatikan dengan apa yang tangan kita pegang (Foto Ilustrasi: Alexan Dru/Unsplash)
Wajah kulit bebas jerawat juga harus diperhatikan dengan apa yang tangan kita pegang (Foto Ilustrasi: Alexan Dru/Unsplash)

Kulit Bebas Jerawat dengan Kocek Minim

Rona jerawat
Dhaifurrakhman Abas • 12 Mei 2019 15:18
Jerawat adalah masalah kulit yang terjadi ketika folikel rambut atau tempat tumbuhnya rambut tersumbat oleh minyak dan sel kulit mati.
 
Jakarta: Barangkali hampir setiap perempuan bermimpi memiliki kulit wajah bersih merona. Lantas untuk mewujudkan impian tersebut beragam cara pun dilakukan.
 
Mulai dari membeli produk perawatan wajah hingga tak pernah absen mengunjungi dokter spesialis kulit. Tak pelak, tanpa disadari akhirnya banyak duit terhamburkan hanya untuk mendapatkan kulit yang diimpikan.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Hal itu sah-sah saja. Namun bagaimana jika ada cara lain yang bisa dilakukan untuk mewujudkan mimpi Anda tanpa harus merogoh kocek dalam-dalam?
 
Bahkan ini merupakan tips sederhana yang direkomendasikan langsung oleh para profesional yang ahli di bidangnya. Berikut penjelasannya.

1. Selalu cuci tangan

Apakah jerawat tetap menginvasi wajah meski Anda telah menggunakan produk kecantikan ternama? Jika itu yang sedang Anda rasakan, coba rajin-rajin menjaga kebersihan tangan Anda.
 
Sebabnya, kebersihan tangan berdampak pada jumlah bakteri yang menumpuk di tangan Anda. Dari menyentuh gagang pintu hingga bepergian menggunakan kendaraan umum, tangan Anda bisa menjadi penyebab utama timbulnya jerawat.
 
Cara terbaik untuk menghindari bakteri ini menyebar di wajah Anda adalah dengan mencuci tangan secara teratur. Anda juga disarankan tidak terlalu sering menyentuh wajah Anda.

2. Ganti sarung bantal Anda

Mengganti seprai dan sarung bantal secara teratur dapat membuat banyak perbedaan pada kebersihan kulit dan wajah. Sebab alas kasur punya banyak bakteri yang bisa berasal dari debu maupun kotoran wajah dan rambut.
 
Untuk itu lakukan penggantian sarung bantal Anda sekali seminggu. Setelah itu rasakan perbedaan pada wajah Anda yang perlahan terhindar dari invasi jerawat.

3. Jangan tidur tengkurap

Posisi tidur tengkurap ternyata juga dapat menyebabkan jerawat berkembang biak dengan cepat di wajah Anda. Hal ini kian menjadi-jadi apabila seprai dan alas bantal Anda jarang diganti.
 
Untuk mengatasi permasalahan ini, pastikan Anda tidur telentang. Dengan cara Anda bisa terhindar dari pertumbuhan jerawat dan bahkan kerutan di wajah.

4. Garam

Menurut Times of India, salah satu obat rumahan yang banyak digunakan oleh para ahli untuk memberantas jerawat pasien adalah dengan menggunakan garam. Tenang saja, Anda tidak diminta untuk mengonsumsi asupan garam untuk memberantas jerawat.
 
Yang perlu Anda lakukan adalah membuat pasta garam dan mengoleskannya ke bagian wajah Anda yang berjerawat selama 10 menit. Kemudian Anda bisa membilas wajah sampai bersih.
 
Meski terlihat sepele, garam memiliki kandungan yang efektif membunuh bakteri. Selain itu, bumbu dapur ini bisa digunakan untuk membantu menurunkan peradangan kulit wajah.

5. Yoga

Banyak ahli dan bahkan selebritas memuji Yoga karena banyak manfaatnya untuk kesehatan tubuh. Bukan hanya itu, yoga juga digadang-kadang mampu menjaga kesehatan kulit wajag.
 
Jika Anda seorang pemula, Anda dapat mencoba pose 'Adho Mukha Svanasana' selama lima menit setiap hari. Gerakan menyerupai peregangan ini membantu meningkatkan sirkulasi darah dan membuat kulit Anda bersinar serta tampak awet muda.
 
Rahasia Menjaga Tubuh Agar Tetap Sehat dan Awet Muda

 

(FIR)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

MAGHRIB 17:47
DOWNLOAD JADWAL

Untuk Jakarta dan sekitarnya

  • IMSAK04:26
  • SUBUH04:36
  • DZUHUR11:53
  • ASHAR15:14
  • ISYA19:00

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif