Kualitas udara di dalam rumah hal yang sangat penting diutamakan. (Foto: Pexels.com)
Kualitas udara di dalam rumah hal yang sangat penting diutamakan. (Foto: Pexels.com)

Tips Membersihkan Kualitas Udara

Rona kesehatan keluarga air purifier
Sunnaholomi Halakrispen • 23 April 2020 18:44
Jakarta: Kualitas udara di dalam rumah perlu diperhatikan, terutama ketika Anda lebih banyak menghabiskan waktu di dalam rumah. Untuk membersihkan kualitas udara, perhatikanlah sejumlah hal.
 
"Barang bersih dan kotor jangan dijadikan satu. Pastikan sirkulasi udara yang masuk bagus. Misalnya, membuka jendela," ujar dr. Reisa Broto Asmoro dalam diskusi virtual bertajuk Udara Bersih, Solusi Keluarga Sehat, Kamis, 23 April 2020.
 
Ia memaparkan bahwa kualitas udara di dalam rumah hal yang sangat penting diutamakan. Sebab, kita menghidup udara terus-menerus. Apa yang kita hirup akan masuk ke badan dan menentukan taraf kesehatan kita. 

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Dalam penerapan PHBS (pola hidup bersih dan sehat) juga harusnya memerhatikan kebersihan lingkungan, supaya kualitas udara baik," paparnya.
 
Ia menjelaskan, polusi bukan hanya dari pabrik dan udara di luar rumah seperti polusi debu dan logam berat. Akan tetapi, juga bersumber dari dalam rumah tangga.
 
"Ini sempat dijelaskan WHO (world health organization). Bahan bakar menghasilkan 3,8 kematian dari data WHO dan tujuh juta orang meninggal setiap tahunnya hanya karena polusi udara," jelasnya.
 
Apabila polusi udara tidak diperhatikan, berisiko bagi pernapasan. Sebab, penyakit infeksi yang terbawa udara bisa terhirup oleh kita, apalagi ketika di rumah ada orang yang memiliki kerentanan terhadap udara kotor.
 
Untuk meningkatkan kualitas udara, bersihkan debu dan kotoran, bisa dengan penyedot debu. Bisa juga dengan menggunakan air purifier atau alat untuk menjernihkan udara. 
 
"Kita enggak perlu mikir karena air purifier tinggal pasang, ganti filternya secara berkala. Jadi enggak perlu worries soal partikel-partikel yang bisa masuk ke dalam paru-paru kita," pungkasnya.
 
(TIN)


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif