dennis/Mr. D--Medcom.id/Raka  Lestari
dennis/Mr. D--Medcom.id/Raka Lestari

Cara Mr. D Mengajar Bahasa Inggris

Rona kisah
Raka Lestari • 17 Agustus 2019 11:24
Mr. D mengaku kepicut dengan Indonesia. Dia pun sudah tinggal di Indonesia selama 6 tahun. Dia mencoba mengajarkan bahasa Inggris dengan cara kreatif.
 

Jakarta: Mempelajari bahasa Inggris terkadang bisa menjadi sesuatu yang sulit bagi beberapa orang. Mulai dari pengucapan yang harus benar, sampai memahami arti dari setiap kata-kata yang terdapat dalam bahasa Inggris
 
Hal itu membuat banyak orang bosan mempelajari bahasa Inggris melalui cara yang konvensional. Namun Anda akan merasakan cara belajar bahasa Inggris yang menyenangkan jika melihat Dennis, seorang pria asal Amerika Serikat ini dalam mengajarkan bahasa Inggris.
 
Dennis, yang memiliki panggilan Mr D tersebut aktif mengajarkan bagaimana cara belajar bahasa Inggris yang benar dengan cara yang menyenangkan. Melalui akun Instagram @gurukumrd Anda bisa melihat Dennis mengajarkan bahasa Inggris melalui video-video yang kreatif.
 
Awal mula ke Indonesia

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Dennis atau biasa dipanggil Mr.D mengaku bahwa pada awalnya ia tidak berpikir untuk bisa tinggal dalam jangka waktu yang cukup lama. Sampai saat ini, Mr.D sudah tinggal di Indonesia selama kurang lebih 6 tahun.
 
"So, waktu itu aku tidak pilih Indonesia karena kebetulan aku sedang galau di Amerika jadi aku mau ke mana saja yang penting pergi dari Amerika. Kemudian kesempatannya datang ke Indonesia," kata Mr. D mengawali pembicaraan kepada Medcom.id.
 
Pada awalnya, Mr.D merencanakan hanya tinggal di Indonesia untuk beberapa bulan saja. Namun tidak disangka, Mr.D merasa senang dan nyaman sekali tinggal di Indonesia. 
 
"Surprise, mungkin Indonesia pilih aku karena aku pilih Indonesia dan aku merasa senang sekali dan mau tetap di sini," cerita Mr.D.
 
Ia mengaku tidak memiliki kesulitan tinggal di Indonesia, terutama masalah cuaca karena di Indonesia memiliki cuaca yang tidak berbeda jauh dengan daerah tempat Mr.D tinggal, yaitu di California dan Florida, Amerika Serikat.
 
"Aku di sini merasa nyaman, meskipun memang cuacanya tidak persis sama tetapi mirip-mirip. Orang-orang disini juga ramah sekali, dan makanannya enak. Dulu aku datang ke Indonesia dengan terbuka banget, dan ternyata tidak terasa aku udah stay 6 tahun di sini," ujar Mr.D.
 
Mengajarkan bahasa Inggris
 
"Aku lahir di Amerika, orangtua aku dari Cuba, Amerika Latin. Jadi aku bisa bahasa Inggris, bahasa Spanyol juga aku bisa. Tetapi memang bahasa Inggris aku pasti lebih baik karena selama di Amerika aku selalu pakai bahasa Inggris," jelas Mr.D.
 
Kenapa memilih mengajarkan bahasa Inggris melalui video, menurut Mr.D itu semua karena memang saat masih tinggal di Amerika ia dan teman-temannya memiliki sering membuat sketch comedy dan video comedy di YouTube. Sehingga ketika tinggal di Indonesia, ia berfikir suatu saat harus membuat video lagi di kemudian hari.
 
"Ketika aku memilih pindah ke Indonesia, aku selalu tahu kalau suatu hari nanti aku akan bikin video lagi, mungkin aku akan bikin YouTube channel baru atau apapun."
 
Kemudian setelah tinggal selama tiga tahun di Indonesia, dan setelah cukup lancar berbahasa Indonesia Mr.D mulai membuat akun Instagram tentang kesalahan-kesalahan dalam bahasa Inggris yang sering terjadi di Indonesia.
 
"Aku memiliki list di handphone tentang kesalahan-kesalahan umum dalam berbahasa Inggris di Indonesia, terus aku bikin account Instagram. Kebetulan waktu itu di Instagram ada video 15 detik, lalu aku berpikir untuk bikin video short tips untuk berbahasa Inggris. Dari situ, terus berkembang menjadi 1 menit, dan sekarang sudah ada IGTV, semuanya aku gunakan untuk mengajarkan tentang bahasa Inggris," imbuhnya.
 
Sampai saat ini, Mr.D sudah semakin lancar berbahasa Indonesia maka semakin banyak pula yang ia ajarkan melalui akun media sosialnya tersebut.
 
Pendapat mengenai orang Indonesia
 
Menurut Mr.D, masalah utama orang Indonesia pada umumnya adalah tidak membiasakan diri untuk menggunakan bahasa Inggris dalam kehidupan sehari-hari.
 
"Kalau masalah grammar, menurut aku kalau mereka sudah belajar dengan baik tetapi besok atau lusa tidak dipakai lagi, maka masalahnya tetap akan kembali lagi. Dan menurut aku, kalau orang Indonesia perlu accept kalau semua orang bisa belajar bahasa Indonesia."
 
Menurutnya, tidak perlu mempedulikan orang-orang yang selalu memberikan komentar jika pengucapan atau penulisan dalam bahasa Inggris tidak tepat, terutama di media sosial.
 
Kalau menurut aku, orang yang suka komentar terhadap kesalahan orang lain itu tidak selalu benar. Tapi aku percaya bahwa hal itu nanti akan berubah, yang penting adalah untuk menahan diri tidak mengomentari orang lain," jelas Mr.D.
 
Pengalaman selama di Indonesia
 
Mr. D bercerita bahwa selama tinggal di Indonesia, ia tidak menemui banyak kesulitan. Namun salah satu yang mungkin cukup berkesan bagi Mr.D adalah mengenai basa-basi yang ada di Indonesia.
 
"Cara basa-basi di Indonesia dengan Amerika berbeda ya. Jadi kalau aku ditanya mau ke mana, di Amerika itu biasanya kita enggak bertanya orang mau ke mana. Ketika di sini, aku pikir aku harus menjawab. Sehingga aku ceritakan aku mau pergi ke mana secara spesifik," cerita Mr.D.
 
Tapi ternyata, lanjutnya, teman aku cerita kalau pertanyaan seperti itu sebenarnya tidak perlu dijelaskan secara spesifik karena itu Cuma basa-basi saja. Misalnya kita bisa bilang saja, mau ke depan, atau mau ke mana pun.
 
"Intinya mereka cuma basa-basi biar terlihat ramah, bukan untuk benar-benar mengetahui kamu mau ke mana. Dulu aku berpikir kalau aku tidak bales, aku kasar dan harus balas padahal sebenarnya itu tidak terlalu penting," paparnya.
 
Selama tinggal di Indonesia, Mr.D menyebutkan bahwa ia menyukai makanan Indonesia tempe. "Aku suka tempe, di Amerika ada juga tetapi harganya sangat mahal." Selain tempe, ia juga mengaku suka pergi ke warteg untuk mencari makan karena ada banyak pilihan makanan yang bisa dipilih. "Masakan Manado juga aku suka banget. Biasanya mereka ada nasi merah karena aku suka makan sehat. Aku juga suka bubur Manado, enak banget."
 
Selama di Indonesia, Mr.D mengaku sudah pergi ke berbagai daerah di Indonesia mulai dari Ambon, Bali, dan sebagian besar Pula Jawa.
 
"Aku paling suka ke Lampung, selain Jakarta karena aku suka kopinya. Di sana ada kopi robusta yang merupakan favorit aku," ungkapnya.
 
Rencana kolaborasi
 
Mr. D memiliki rencana untuk berkolaborasi, namun dia belum tahu siapa. "Aku takut kalau bilang, nanti tidak jadi. Sama artis mungkin bisa, salah satu aktris Indonesia yang aku suka karena bahasa Inggrisnya bagus yaitu Tara Basro," terangnya. 
 
Namun Mr.D tidak membatasi siapa pun yang ingin mengajaknya kolaborasi. "Aku suka collaborasi sama siapa pun mereka, especially karena aku tahu mereka bisa spread the love of English. Dan kalau mereka follow aku, aku tahu berarti mereka suka belajar. Karena terkadang aku suka surprise kalau ada orang terkenal yang follow aku."
 
Selain Instagram, Mr.D juga memiliki akun YouTube channel dan Twitter dengan nama yang sama yaitu gurukumrd. Untuk akun Instagram sendiri, Mr.D sudah memiliki 1,4 juta pengikut, sedangkan Youtube sudah memiliki lebih dari 200.000 subscriber dan Twitter sekitar 7.000 follower.
 


 

(YDH)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif