NEWSTICKER
Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam mencuci baju agar baju tidak mudah rusak. (Ilustrasi/Pexels).
Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam mencuci baju agar baju tidak mudah rusak. (Ilustrasi/Pexels).

Tips Mencuci Pakaian

Rona pakaian bekas
Raka Lestari • 17 Desember 2019 17:12
Jakarta: Mencuci baju merupakan hal yang mudah, jika dilakukan dengan benar. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam mencuci baju agar baju tidak mudah rusak.
 
Mencuci pakaian harus dilakukan dengan benar, mulai dari cara mencuci pakaian hingga menyortir pakaian itu sendiri.
 
Dikutip dari Reader’s Digest, berikut ini adalah beberapa tips yang bisa dilakukan dalam mencuci pakaian:

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Jangan hanya memilih berdasarkan warna 
 
Menurut Martha Stewart Living, semakin Anda bijak dalam memilih cucian Anda, semakin awet pula pakaian Anda. Pisahkan pakaian yang sangat kotor atau berlumpur dengan pakaian yang tidak terlalu kotor dan juga kain yang berat atau kasar seperti denim. Untuk mencegah pakaian saling melilit satu sama lain, cuci setiap set pakaian secara terpisah. Jangan mencampurkan pakaian satu keluarga secara langsung. 
 
Jangan menuangkan deterjen langsung ke pakaian
 
Menurut Real Simple, cara untuk mendistribusikan deterjen dengan baik di mesin cuci adalah pertama-tama dengan menaruh pakaian terlebih dahulu, kemudian masukkan air, dan terakhir deterjen. Pastikan Anda juga menggunakan deterjen yang aman. 
 
Namun, jika Anda menggunakan pemutih maka tuang air terlebih dahulu, kemudian pakaian, baru pemutih. 
 
Jangan biarkan ritsleting terbuka
 
Ritsleting yang terbuka atau longgar dapat merobek kain yang halus, serta merusak mesin cuci Anda. Pastikan ritsleting pada seluruh pakaian atau barang yang akan dicuci sudah tertutup dengan baik sebelum Anda memasukkannya ke mesin cuci. Selain itu, bra yang tidak terkunci dapat menarik kain atau merusak drum mesin cuci jika longgar.
 
Jangan menggosok noda pada pakaian
 
Anda mungkin berpikir cara terbaik untuk menghilangkan noda adalah dengan menggosoknya langsung menggunakan deterjen. Namun ternyata cara tersebut bukanlah yang terbaik, bahkan bisa menyebabkan noda melebar ke bagian lain pada pakaian Anda.
 
Untuk itu, oleskan deterjen pada noda, kemudian cuci dari bagian dalam. Dan semakin cepat Anda mencucinya, semakin mudah noda tersebut hilang. Jika Anda terkena noda pada kemeja putih, menggunakan pemutih bisa menjadi alternatif untuk mengembalikan warna pakaian Anda.
 

 

(YDH)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif