Samirah Begum Shaukat, berbagi cerita suka dan duka menjadi jurnalis dan tips ketika mengalami perundungan. (Foto: Dok. Instagram Samirah Begum/@schmira_)
Samirah Begum Shaukat, berbagi cerita suka dan duka menjadi jurnalis dan tips ketika mengalami perundungan. (Foto: Dok. Instagram Samirah Begum/@schmira_)

Aneka

Menangkal Perundungan Netizen ala Samirah Begum

Rona kisah Samirah Begum
Dhaifurrakhman Abas • 28 Juni 2019 17:38
Wajah cantik yang sempat viral bersama Reino Barack beberapa waktu lalu di video acara Kepo dalam YouTube Medcom id yaitu Samirah Begum. Perempuan yang ramah ini bercerita soal suka duka menjadi jurnalis dan perundungan yang diterimanya dalam media sosial.
 

 
Jakarta: Nama Samirah Begum Shaukat mungkin belum setenar jurnalis senior lain di Media Group. Sebab, Samirah masih terbilang baru berkecimpung di dunia jurnalistik.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Meski belum lama berprofesi di dunia jurnalistik, ada cerita-cerita dalam hidupnya yang menarik untuk disimak. Salah satunya, tentang bagaimana perempuan berdarah Pakistan-Afghanistan ini tetap profesional menghadapi perundungan yang dilakukan netizen.
 
Pula, bagaimana cerita perjuangan istri dari Resia Fikri Giantoro tersebut kekeuh menggapai mimpi menjadi jurnalis di Media Group. Ya, apalagi kalau bukan karena passion yang disertai dukungan penuh dari sang suami yang bekerja sebagai pilot di airlines Lion Air tersebut.
 
Menangkal Perundungan Netizen ala Samirah Begum
(Samirah saat santai dan berselfie. Foto: Dok. Instagram Samirah Begum/@schmira_)

Bermula dari postingan instagram

Jarum jam menunjukkan pukul 18.30 WIB ketika Samirah sedang dalam perjalanan menuju stasiun Gambir, Jakarta Pusat. Jurnalis Medcom.id itu harus sampai tujuan tepat waktu untuk meliput agenda peluncuran kereta api terbaru, sleeper luxury 2, milik PT. Kereta Api Indonesia.
 
Di tengah perjalanan menuju Gambir yang cukup macet itu, Samirah sempatkan membaca-baca materi apa saja yang akan dia bawakan untuk acara peluncuran kereta nanti malam. Saat sedang khusyuk membaca, suara nyaring tiba-tiba berdering. Membuatnya sedikit kaget.
 
“Kringg.. Kring.”
 
Ya. Suara itu berasal dari notifikasi direct message instagram dalam telepon genggam yang dia simpan di saku celana sebelah kiri. Lalu saat dia coba ambil telepon genggam miliknya itu dan mengecek isinya, Samirah kaget bukan kepalang.
 
“Enggak malu apa foto sama suami orang? Hapus sekarang!” ucap isi pesan tersebut.
 
Bukan cuma satu pesan berisi umpatan yang nongol di Instagram miliknya itu. Namun cukup bertubi-tubi para netizen menyerangnya.
 
Menangkal Perundungan Netizen ala Samirah Begum
(Fotonya bersama Reino Barack selesai acara Kepo di kanal YouTube Medcom id yang sempat dibully oleh netizen. "Santai saja menghadapi netizen," ucap wanita cantik dan ramah ini. Foto: Dok. Instagram Samirah Begum/@schmira_)
 
Saat mengecek lebih detail, istri dari Resia Fikri Giantoro ini menyadari, kalau netizen tak senang dengan postingan foto dirinya bersama Reino Barack. Kebetulan, foto itu baru saja diunduh di instagram beberapa saat lalu.
 
Tapi Samirah tak habis pikir. Sebab, sesuai kebiasaan, dia memang sering mengunduh fotonya di Instagram bersama para narasumber yang dia wawancarai. Dan, Reino, merupakan salah satunya.
 
"Itu kan biasa ya. Kalau kita wawancara sama narsumber, kita foto sama mereka sekalian untuk promosi acara yang bakal tayang," ujarnya sedikit heran.
 
Tapi, bukan jurnalis Medcom.id namanya kalau gampang terpancing emosi atau terbelenggu umpatan orang lain. Alih-alih merespons, Samirah memilih diam dan melebarkan senyuman.
 
“Akhirnya gue, ya udah, fokus liputan aja,” kata Samirah, saat berbincang dengan Medcom.id

Tak ambil pusing

Kata Samirah, umpatan-umpatan yang dia terima itu dia anggap saja sebagai satu dari sekian banyak tantangan dalam menjalani hidup sebagai seorang jurnalis. Terlebih di era digital yang kian berkembang pesat seperti saat ini.
 
Soalnya, menurut dia, masyarakat saat ini bukan lagi hanya mencari informasi berita yang disajikan pembawa berita. Namun juga mencari informasi soal siapa jurnalis yang memberikan berita kepada khalayak.
 
Hal ini terbukti dari kasus perundungan yang terjadi tempo hari. Kehadirannya di layar kaca membuatnya lebih dikenal publik. Namun tak bisa dipungkiri, semakin dikenal seseorang, semakin rentan pula cercaan menyerang.
 
"Jadi sejak awal gue masuk Metro TV, mulai banyak tuh, mereka nyari instagram gue dan ngefollow, dan itu ada yang support ada juga yang komentar negatif," katanya.
 
Tapi dia tidak ambil pusing. Yang penting, kata Samirah, dia akan tetap bertugas sebagai jurnalis Medcom.id yang selalu mengedpankan pada marwah jurnalistik. Hal itu sesuai dengan titah Media Group yang dia dapatkan sejak pertama kali bekerja di sini.
 

Menangkal Perundungan Netizen ala Samirah Begum
(Samirah juga tak lupa berfoto dengan berbagai narasumber lainnya, seperti dengan Krisdayanti selesai syuting. Foto: Dok. Instagram Samirah Begum/@schmira_)

Bekerja di Metro TV

Samirah memulai karier sebagai seorang jurnalis pada 2016 lalu. Saat itu, selepas lulus kuliah dari Universitas Paramadina, dia melamar kerja sebagai jurnalis di Metro TV. Profesi yang sudah ia impikan sejak remaja.
 
"Gue dan sekeluarga dari dulu sering nonton Metro TV. Selain paling menarik ditonton dalam menayangkan program berita, para jurnalisnya juga profesional. Maka itu, habis kuliah gue langsung apply Metro TV," kenang pecinta traveling dan aneka novel ini.
 
Ketika itu, Samirah memulai karier sebagai jurnalis lewat program Journalist Development Program (JDP) yang diadakan Metro TV. Di sinilah Samirah mendapat serangkaian ilmu penting yang membantunya tetap profesional dalam menjalankam tugas sebagai pewarta.
 
"Kalau JDP itu kan kelasnya spesifik banget. Kita masuk kelas menulis naskah dan dubbing. Kita juga diajarkan kelas oncam dan editing video," ujarnya.
 
Saat pertama kali menjajal pendidikan berbulan-bulan itu, Samirah sempat kelimpungan. Sebab, banyak ilmu baru yang tidak pernah dia dapatkan sebelumnya, selama duduk di bangku pendidikan hingga perkuliahan.
 
"Dulunya gue kan cuma nulis skripsi dan makalah. Beda banget sama berita kan," katanya.
 
Beruntung, Samirah diajarkan langsung oleh jurnalis senior dari Media Group yang sudah berpengalaman. Selain membuka wawasan baru, pendidikan jurnalistik yang dia jalani dalam program JDP itu membuatnya semakin mencintai dunianya para jurnalis.
 
"Yang ngajarnya benar-benar jurnalis senior. Jam terbangnya udah tinggi banget," tambah dia.
 
Tak ayal, pendidikan jurnalistik yang ia tempuh melalui JDP itu membuatnya semakin mantap ketika ditugaskan di lapangan.
 
Misalnya ketika dia ditugaskan ke Sulawesi mengikuti kunjungan kerja Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi. Meski sempat merasa grogi, namun bekal pendidikan yang dia jalani sebelumnya membuatnya beradaptasi dengan mudah.
 
"Karena banyak yang harus kita liput, sesuai dengan niat yang lurus. Jadinya enggak begitu kerasa groginya," beber dia.
 
Menangkal Perundungan Netizen ala Samirah Begum
(Samirah dan sang suami, Resia Fikri Giantoro saat sedang berlibur bersama di Swiss. Foto: Dok. Instagram Samirah Begum/@schmira_)

Tak luntur

Hampir dua tahun Samirah bekerja mewartakan berita dari layar Metro TV. Tapi semangatnya mewartakan informasi kepada publik tak pernah luntur.
 
Bahkan ketika, perempuan kelahiran Jakarta ini mendapatkan tugas dan tantangan baru di Medcom.id. Dia tetap setia mengawal pemirsa untuk mendapatkan informasi menarik lewat program Sepekan Terakhir dan Kepo.
 
"Karena jadi jurnalis emang udah jadi passion gue dari kuliah. Ditambah lagi, suami dukung terus untuk kerja," ucap penyuka hot mint tea ini.
 
Sepekan Terakhir merupakan tayangan yang mengulas tiga topik berita yang sedang ramai diperbincangkan dalam sepekan. Dalam program yang tayang setiap jumat pukul 17.00 WIB di website, YouTube, dan Facebook Medcom.id ini, Samirah bekerja sebagai produser.
 
"Di program Sepekan Terakhir, gue nyiapin mulai dari materi, keperluan shooting hingga quality control output video. Sementara Kepo adalah program yang mewawancara tokoh, artis, atau influencer yang lagi jadi trending topic," tutup perempuan ramah tersebut.
 

 

(TIN)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif