NEWSTICKER
 Rol cat memiliki lebar dan bahan berbeda yang sesuai untuk proyek pengecatan. (Ilustrasi/Pexels)
Rol cat memiliki lebar dan bahan berbeda yang sesuai untuk proyek pengecatan. (Ilustrasi/Pexels)

Cara Menggunakan Rol Cat

Rona tips rumah
Timi Trieska Dara • 22 Februari 2020 16:41
Jakarta: Mengecat dinding besar dapat lebih cepat ketika Anda memiliki alat yang tepat. Rol cat (paint roller) menutupi lebih banyak area permukaan per langkah daripada kuas, dan pegangannya dapat memanjang untuk area yang sulit dijangkau. 
 
Rol cat memiliki lebar dan bahan berbeda yang sesuai untuk proyek pengecatan. Setelah Anda siap dengan bahan yang dibutuhkan untuk pengecatan, aplikasi sangat mudah. Berikut ini cara menggunakan rol cat, sehingga Anda dapat menyegarkan dinding di akhir pekan.

Alat-alat yang Anda butuhkan:

1. Cat
2. Tempat cat 
3. Sikat dan penutup rol cat
4. Air
5. Kain alas
6. Serat atau busa rol cat

Langkah 1: Tuang cat

Tuang 1 inci cat ke dalam tempat rol cat. Pastikan tempat cat berada di permukaan yang rata. Tempatkan penutup rol pada pegangan rol dan lepaskan pembungkus apa pun. Untuk pekerjaan cat apa pun, siapkan rol cat kualitas tinggi untuk pekerjaan cat yang lebih baik. Opsi penutup rol termurah tidak menahan banyak cat, yang dapat membuat pekerjaan cat lebih lama.

Langkah 2: Basahi rol cat

Untuk mempersiapkan kuas rol untuk mengecat, pastikan penutup rol basah dengan air. Goyangkan kuas untuk menghilangkan air dari bagian dalam. Usap dan gulung rolnya dengan kain lap.
 
Ini membuat sikat menjadi prima sehingga menyerap dan mengaplikasikan cat secara merata. Jika Anda menggunakan penutup rol cat berbahan wol, gunakan serat rol atau selotip untuk menghilangkan serat liar sebelum dicelupkan ke dalam cat.

Langkah 3: Rol pada cat

Gulirkan rol ke dalam cat sampai tertutup secara merata. Kuas rol baru biasanya akan membutuhkan 5-6 pengulangan untuk diisi. Gulirkan ke tempat cat atau baki untuk menghilangkan kelebihan cat. Mengurangi kelebihan cat akan membantu mencegah tetesan cat di dinding.

Langkah 4: Rol pada dinding

Mulai beberapa inci dari bagian bawah dinding, berikan usapan cat ke atas dengan tekanan rata. Jangan menekan terlalu keras pada roller, karena serat penutup roller akan kusut — biarkan cat melakukan sebagian besar pekerjaan.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Menekan terlalu keras juga akan membuat cat Anda tebal di tepi usapan. Jika Anda menggunakan rol cat dengan pegangan yang diperpanjang, hentikan beberapa inci dari langit-langit. Tanpa mengangkat rol, pindahkan ke dinding. Pertahankan tekanan yang sama saat Anda terus melintasi dinding.

Langkah 5: Lanjutkan mengecat

Lanjutkan dengan pola zig-zag atau "W" sampai cat pada roller Anda menjadi tipis. Simpan pola zigzag di dalam bagian dinding untuk memastikan lapisan rata pada keseluruhan dinding. Bekerja dalam pola zig-zag membantu menghaluskan tanda-tanda rol pada bagian tepi usapan.

Langkah 7: Selesaikan pengecatan dinding

Masukkan kembali rol sesuai kebutuhan dan terus menerapkan cat sampai dinding tertutup. Jika perlu, tambahkan lapisan kedua di atas yang pertama menggunakan teknik yang sama.
 

(YDH)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif