Cara mengasuh yang tepat yang membuat perbedaan positif pada perkembangan anak. (Foto: Pexels.com)
Cara mengasuh yang tepat yang membuat perbedaan positif pada perkembangan anak. (Foto: Pexels.com)

6 Kiat Mengasuh Anak Autisme

Rona mengasuh anak autisme
Sunnaholomi Halakrispen • 11 Juli 2019 11:42
Ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan dalam mengasuh si kecil dengan autisme. Antara lain Anda harus tetap konsisten. Orang-orang autisme menyukai rutinitas. Pastikan mereka mendapatkan bimbingan dan interaksi yang konsisten, sehingga mereka dapat mempraktikkan apa yang mereka pelajari dari terapi. Kebiasaan ini dapat membuatnya belajar keterampilan dan perilaku baru dengan lebih mudah.
 

Jakarta: Sebagai orang tua, Anda mungkin menghabiskan banyak waktu untuk memikirkan masa depan anak Anda. Terlebih lagi jika anak Anda memiliki spektrum autisme.
 
Terlepas dari perawatan medis dan terapi yang dapat Anda lakukan di klinik untuk membantu putra atau putri Anda, ada hal-hal sederhana yang bisa Anda lakukan setiap hari. Cara mengasuh yang tepat yang membuat perbedaan positif pada perkembangan anak.

1. Fokus pada hal positif

Sama seperti orang lain, anak-anak dengan gangguan spektrum autisme sering merespons dengan baik terhadap penguatan positif. Itu berarti ketika Anda memuji mereka atas perilaku yang mereka lakukan dengan baik, hal itu akan membuat mereka merasa senang. Anda pun akan senang.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Jadilah lebih spesifik, sehingga mereka tahu persis apa yang Anda sukai tentang perilaku mereka. Temukan cara yang tepat untuk menghargai mereka, baik dengan meluangkan waktu bermain ekstra dengan anak atau memberikan hadiah kecil seperti stiker menarik.
 
Juga, seperti yang Anda lakukan dengan siapa pun, kepada anak autisme maupun yang tidak mengidapnya. Hadiahi anak Anda sebagai bentuk apresiasi dan rasa sayang. Sebagai orang tua, mencintai anak Anda apa adanya adalah kunci.

2. Tetap konsisten dan sesuai jadwal

Orang-orang autisme menyukai rutinitas. Pastikan mereka mendapatkan bimbingan dan interaksi yang konsisten, sehingga mereka dapat mempraktikkan apa yang mereka pelajari dari terapi.
 
Kebiasaan ini dapat membuatnya belajar keterampilan dan perilaku baru dengan lebih mudah. Juga membantu mereka menerapkan pengetahuan mereka dalam situasi yang berbeda. 
 
Bicaralah dengan guru dan terapis mereka dan cobalah untuk menyelaraskan serangkaian teknik dan metode interaksi yang konsisten. Sehingga, Anda dapat membawa pulang apa yang mereka pelajari selama di klinik atau sekolah.
 
6 Kiat Mengasuh Anak Autisme
(Sama seperti orang lain, anak-anak dengan gangguan spektrum autisme sering merespons dengan baik terhadap penguatan positif. Itu berarti ketika Anda memuji mereka atas perilaku yang mereka lakukan dengan baik, hal itu akan membuat mereka merasa senang. Foto: Ilustrasi. Dok. Pexels.com)

3. Letakkan permainan sesuai porsi

Menemukan kegiatan yang tampak seperti kesenangan murni dan bukan pendidikan atau terapi lagi, dapat membantu anak Anda terbuka dan terhubung dengan Anda. Contohnya, dengan meletakkan mainannya sesuai porsinya.

4. Berikan waktu

Anda kemungkinan akan mencoba banyak teknik, perawatan, dan pendekatan yang berbeda untuk Anda mengetahui apa yang terbaik untuk anak Anda. Berikan waktu, tetaplah positif dan berusaha untuk tidak berkecil hati jika mereka tidak merespons dengan baik untuk metode tertentu.

5. Ajak anak untuk kegiatan sehari-hari

Jika perilaku anak Anda tidak dapat diprediksi, Anda mungkin merasa lebih mudah untuk tidak mengekspos mereka pada situasi tertentu. Tetapi ketika Anda membawanya pada tugas sehari-hari, bisa membantu mereka terbiasa dengan dunia di sekitar mereka.
 
Jangan kurung anak Anda dalam rumah atau klinik. Melainkan, ajak dia dalam kegiatan Anda, seperti berbelanja bahan makanan, mengantar kakak atau adiknya ke sekolah, ke salon, dan sebagainya.

6. Dapatkan dukungan

Baik melalui tatap muka maupun daring, dukungan dari keluarga lain, profesional, dan teman, bisa sangat membantu Anda. Kelompok pendukung dapat menjadi cara yang baik untuk berbagi saran dan informasi serta untuk bertemu orang tua lain yang menghadapi tantangan serupa.
 
Konseling individu, perkawinan, atau keluarga, dapat membantu juga. Pikirkan tentang apa yang mungkin membuat hidup Anda sedikit lebih mudah dan mintalah bantuan kepada mereka. Jangan merasa segan, biarkan hati Anda tak tertekan.
 
Ada beberapa tempat konseling autisme yang bisa Anda coba untuk mendapatkan bantuan, antara lain Pusat Terapi Autisme 'Bina Ananda', Yayasan Autisma Indonesia, atau YCHI Autism Center Jakarta.
 

 

(TIN)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif