Deputi Bidang Pengembangan Sumber Daya Perpustakaan, Perpustakaan NasionaI RI, Deni Kurniadi dalam Webinar Pembudayaan Kegemaran Membaca dengan tema :
Deputi Bidang Pengembangan Sumber Daya Perpustakaan, Perpustakaan NasionaI RI, Deni Kurniadi dalam Webinar Pembudayaan Kegemaran Membaca dengan tema :" Strategi Penguatan Literasi Informasi Untuk Meningkatkan Kesejahteraan" Rabu 26 Agustus 2020. (Foto: I

Perpustakaan Bukan Hanya Gudang Buku

Rona manfaat membaca
K. Yudha Wirakusuma • 26 Agustus 2020 10:33
Jakarta: Berbagai upaya dilakukan agar kegemaran membaca dapat membudaya. Salah satunya yaitu dengan mendorong tumbuhnya perpustakaan dan rumah baca yang dekat dengan keluarga, satuan pendidikan dan masyarakat.
 
"Hal ini karena perpustakaan memiliki peranan dalam mewujudkan manusia yang cerdas yang diharapkan memiliki kebiasaan membaca sebagai upaya belajar sepanjang hayat dan terus mewujudkan masyarakat pembelajar,” kata Deputi Bidang Pengembangan Sumber Daya Perpustakaan, Perpustakaan NasionaI RI, Deni Kurniadi dalam Webinar Pembudayaan Kegemaran Membaca dengan tema :" Strategi Penguatan Literasi Informasi Untuk Meningkatkan Kesejahteraan"  Rabu 26 Agustus 2020.
 
Berdasarkan undang-undang nomor 43 tahun 2007 tentang perpustakaan, khususnya pasal 48, 49, 50 dan 51, mengenai pembudayaan kegemaran membaca, bahwa pembudayaan kegemaran membaca dilakukan melalui satuan pendidikan keluarga dan masyarakat. Yang bertujuan untuk memenuhi kebutuhan informasi dari masyarakat. 

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Pemenuhan kebutuhan ini difasilitasi oleh pemerintah, pemerintah daerah dan masyarakat melalui buku murah bermutu berkualitas dan mudah dijangkau. Dan semua ini dijamin dalam undang undang nomor 43  tahun 2007 tentang perpustakaan,” terangnya. 
 
Perpusnas terus berkomitmen mengubah paradigma perpustaaan yang dianggap sebagai gudang buku, dan bertransformasi perpusnas yang memberdayakan sumber daya manusia dengan pendekatan teknologi informasi.
 
"Dan yang terpenting adalah bagaimana masyarakat diyakinkan bahwa akan ada kesejahteraan. Keluar dari kesulitan dengan memiliki ilmi-ilmu tertentu, sesuai dengan potensi yang ada melalui pengimplementasian 4 literasi yang ada,” ucapnya.
 
Kami percaya di tengah pandemi ini, lanjutnya, dengan sarana dan informasi yang ada Perpustaan mampu menjadi inspirasi kita semua dalam berbagai kegiatan.
 
Webinar Pembudayaan Kegemaran Membaca dengan tema: "Strategi Penguatan Literasi Informasi Untuk Meningkatkan Kesejahteraan” diselenggarakan Perpustakaan Nasional RI berkerjasama dengan Pengurus Pusat Gerakan Pemasyarakatan Minat Baca.
 
Dalam webinar ini juga menghadirkan Penulis Novel “Negeri 5 Menara” Ahmad Fuadi, Penulis Buku & Founder Perpustakaan Teras Depan Rumah, Nathania Luvena Lais dan Praktik Komunikasi, Dani M. Akhyar.
 

 
(YDH)


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif