Berbagai Pilihan Hewan Peliharaan untuk Si Kecil
Salah satu ikan yang mudah untuk dipelihara adalah ikan cupang. (Foto: Huy Phan/Unsplash.com)
Jakarta: Hewan peliharaan memiliki manfaat yang bisa didapatkan bagi anak-anak. Merawat hewan peliharaan mengajarkan tanggung jawab dan empati kepada anak-anak dan juga membuat anak merasa senang dan juga mengajarkan persahabatan kepada mereka.

Dan biasanya pilihan orang tua memilih anjing atau kucing yang dijadikan hewan peliharaan. 

Tetapi jika Anda menginginkan hewan peliharaan yang lain selain anjing atau kucing, berikut ini adalah beberapa pilihan hewan peliharaan untuk Anda dikutip dari Romper.


1. Hamster
Menurut PBS Specialist Pet Travel, hamster bisa menjadi pilihan terbaik untuk dijadikan hewan peliharaan karena cenderung mudah dirawat, relatif bersih, dan tidak harus berpasangan.

Karena mereka aktif di malam hari, mungkin mereka sebaiknya tidak disimpan dalam kamar karena bisa menggangu tidur. Selain itu, mereka dapat menggigit jika tidak ditangani dengan lembut.


(Meskipun kadal membutuhkan perawatan khusus, mereka bukanlah hewan yang sulit dipelihara selama Anda mengurusnya dengan baik. Foto: Nandhu Kumar/Unsplash.com)

(Baca juga: Memilih Hewan Peliharaan Sesuai Perkembangan Si Kecil)

2. Kadal
Menurut Reptiles Magazine, kadal dapat memiliki warna kulit yang bagus tergantung pada jenisnya dan kadal merupakan hewan yang cukup mudah ditangani.

Meskipun kadal membutuhkan perawatan khusus, mereka bukanlah hewan yang sulit dipelihara selama Anda mengurusnya dengan baik. 

3. Kelomang
Meskipun kelomang bukanlah jenis hewan yang bisa dipeluk seperti hewan berbulu lainnya, tetapi kelomang bisa menjadi hewan peliharaan yang baik terutama bagi anak-anak. Menurut PetCo, kelomang bisa diberi makan pelet berkualitas tinggi, beberapa jenis buah dan sayuran tertentu, dan suplemen. 

Kelomang juga biasanya akan berganti cangkang, sehingga perlu perawatan khusus ketika hal ini sedang terjadi. Kelomang membutuhkan cangkang yang lebih besar seiring dengan perkembangan tubuhnya. 

4. Marmut
Menurut VetStreet, marmut merupakan hewan yang cukup mudah dirawat. Marmut juga cenderung tidak gelisah seperti hamster dan mereka bisa hidup sampai usia 5 atau 7 tahun. Kandang mereka juga perlu dibersihkan secara rutin, setidaknya seminggu sekali dengan pembersihan di beberapa spot dalam kandangnya. 

5. Ikan cupang
Ikan bisa menjadi hewan peliharaan pertama yang sangat baik untuk anak-anak Anda, tetapi tidak semua ikan diciptakan sama. Salah satu ikan yang mudah untuk dipelihara adalah ikan cupang.

Menurut PetCo, ikan cupang bernapas di permukaan air dan tidak memerlukan akuarium super mewah dan mahal. Mereka makan dengan hemat, dan air mereka hanya perlu dibersihkan seminggu sekali. 





(TIN)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id