Selimut Berat Diprediksi akan Menjadi Tren Kesehatan Baru
Media sosial Pinterest baru saja meluncurkan 100 tren untuk tahun depan di mana selimut yang berat menduduki peringkat teratas dalam kategori 'Anak dan Keluarga'. (Foto: Courtesy of Gravityblankets.com)
Jakarta: Media sosial Pinterest baru saja meluncurkan 100 tren untuk tahun depan di mana selimut yang berat menduduki peringkat teratas dalam kategori 'Anak dan Keluarga'. Penghangat tersebut mengalahi mainan kayu, pom-pom, dan benda-benda kebutuhan bayi baru lahir. 

Selimut tersebut umumnya terbuat dari kapas, bulu domba atau flanel dan biasanya diisi dengan jenis pelet plastik di mana membuat seseorang yang memakainya merasa seperti dipeluk beruang besar yang hangat. 

Lebih dari sekadar selimut tebal, selimut tersebut memberikan tekanan yang dalam sehingga menimbulkan perasaan santai yang sama seperti dipijat atau dipeluk dalam-dalam.


(Baca juga: Mandi Bikin Tidur Malam Lebih Nyenyak)


(Media sosial Pinterest baru saja meluncurkan 100 tren untuk tahun depan di mana selimut yang berat menduduki peringkat teratas dalam kategori 'Anak dan Keluarga'. Penghangat tersebut mengalahi mainan kayu, pom-pom, dan benda-benda kebutuhan bayi baru lahir. Foto: Ilustrasi. Dok. Jacek Dylag/Unsplash.com)

Selimut berat bukanlah hal baru. Selimut tersebut direkomendasikan selama bertahun-tahun oleh terapis okupasi untuk menghibur dan menenangkan anak-anak dengan autisme, ADHD, kecemasan, dan masalah sensorik.

Faktanya, penelitian oleh penulis dan peneliti autisme Dr Temple Grandin menunjukkan bahwa walaupun sentuhan ringan bisa sangat tidak nyaman bagi orang dengan masalah sensorik, tekanan yang dalam dapat memiliki efek yang berlawanan, menenangkan dan menenangkan saraf. Hal tersebutlah yang menjadi patokan bagi terapis untuk menggunakan selimut berat. 

Tetapi 'sihir' selimut yang membuat tidur menjadi lebih nyenyak baru-baru ini mulai dirasakan masyarakat luas. Penelitian baru menunjukkan bahwa pada orang dewasa dengan insomnia, selimut berat membuat mereka lebih mudah tenang, dan memiliki tidur malam yang lebih tenang dan lebih menyegarkan.






(TIN)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id