7 Langkah Sederhana untuk Bisa Menabung
Ilustrasi. Shutterstock
Jakarta: Sebagian orang kesulitan membiasakan diri menabung. Menabung memerlukan kedisplinan dan konsistensi. Meski sudah berusaha menyisihkan uang untuk ditabung, namun tak jarang juga gagal.

Kini sudah saatnya Anda mencoba hemat, menata keuangan, dan mulai menabung, dengan beberapa langkah mudah ini:

1. Buat daftar belanjaan


Tinggalkan kebiasaan boros dengan membeli segala macam rupa sesuatu di supermarket yang tidak Anda butuhkan. Lebih baik sekarang Anda memulai dengan membuat daftar belanjaan sebelum ke pusat perbelanjaan. Belanja lah dengan tujuan dan hanya membeli sesuatu yang dibutuhkan.

2. Masak di rumah

Pikirkan menu makanan yang ingin Anda santap selama satu minggu atau beberapa hari ke depan kemudian buat lah daftar. Ini akan membantu Anda menahan diri membeli bahan makanan yang tidak dibutuhkan. Anda bisa mencoba memasak di rumah selama satu minggu dan bandingkan dengan membeli makanan di luar.

3. Hilangkan godaan

Toko langganan dan online shop sering mengeluarkan koleksi terbaru, dan tak dipungkiri sering membuat Anda tergoda. Bila tahu Anda tidak bisa menahan diri untuk berbelanja di toko favorit, batasi diri Anda dari menjelajah online shop atau ke outlet langganan.

4. Berhenti berlanggangan hal tak perlu

Lihatlah sejumlah tagihan pada bulan-bulan sebelumnya, seperti tv kabel, internet, dan lainnya. Jika merasa berlebihan, Anda bisa beralih pada paket langganan yang lebih murah, atau menghentikan langganan yang tidak perlu.

5. Buat hukuman untuk diri sendiri

Jika aktivitas Anda menggunakan tabungan, Anda harus komitmen mengganti tabungan. Atau bila gagal, Anda harus 'menerima hukuman' misalnya dengan setop jajan di luar selama beberapa waktu.

6. Do it your self

Apabila memungkinkan, lakukanlah sendiri. Misalnya saja membuat kopi sendiri di rumah, masak dan membuat sesuatu sendiri. Selain menghemat, ini dapat mengasah keterampilan dan kreatifitas Anda.

7. Apakah benar-benar butuh?

Tanyakan pada diri Anda apakah butuh sesuatu atau tidak. Pilih-pilih lagi barang belanjaan dari dalam keranjang sebelum menuju kasir, kemudian keluarkan barang yang bisa Anda tahan untuk membelinya.



(TRK)

metro tv
  • Opsi Opsi
  • kick andy Kick Andy
  • economic challenges Economic Challenges
  • 360 360

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id