Membedakan mutiara asli dan palsu. (foto:wikihow)
Membedakan mutiara asli dan palsu. (foto:wikihow)

Begini Cara Membedakan Mutiara Asli dan Palsu

Rona perhiasan
Sri Yanti Nainggolan • 13 Januari 2016 18:23
medcom.id, Jakarta: Beberapa nama mutiara palsu memang terdengar menarik, seperti  Angel, Sheba, Mikomo, Kobe, Nikko, Sumo, Fijii, Aloha. Hal ini memang disengaja, mengingat mutiara tersebut juga memiliki sertifikat dan kotak khusus.
 
Mutiara palsu memang terlihat seperti mutiara mahal, namun sebenarnya terbuat dari kaca, keramik, kerang atau plastik. Maniknya dilapisi dengan minyak rengas atau bahan lain yang menimbulkan kilau yang bisa menipu mata.
 
Di sisi lain, mutiara asli adalah komuditas berharga yang terbuat dari moluska, baik tiram, kerang, atau jenis lain yang memiliki dua katup. Untuk yang langka, biasanya terbentuk secara spontan di alam liar dan ditemukan secara kebetulan. Mutiara seperti ini adalah yang paling mahal. Terkadang, perhiasan zaman dulu masuk dalam kategori ini.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Kebanyakan mutiara asli saat ini berasal dari hasil budidaya dan bertani, dengan memasukkan material ke dalam moluska, setelah itu nacre (bubuk kerang yang hancur) dilapisi pada lapisan konsentris dalam jangka waktu yang lama sehingga menghasilkan mutiara yang berwarna-warni.
 
Nah, agar tak tertipu membeli mutiara yang palsu, berikut adalah perbedaan mutiara palsu dan mutiara asli.
 
1. Mutiara palsu terlihat terlalu sempurna, berkilau di setiap permukaan secara fantastis. Mutiara asli terbentuk oleh alam dan akan terlihat secara tidak sempurna bila dilihat dari dekat.
 
2. Mutiara palsu tidak memiliki kesalahan dalam ukuran atau pola ukuran yang semakin besar dalam untaian kalung. Sekali lagi, di kalung mutiara yang asli, tidak akan muncul tanpa cacat dan akan ada beberapa variasi dalam ukuran.
 
3. Mutiara palsu tidak menunjukkan bayangan dari sebuah cincin atau mengerut di bagian lubang saat dilihat melalui kaca pembesar. Sementara mutiara asli sebaliknya.
 
4. Mutiara palsu tidak memiliki perbedaan warna satu sama lain, semua terlihat sama. Sementara mutiara asli memiliki kedalaman tersendiri dalam hal warna tubuh dan warna tambahan.
 
5. Mutiara tidak memantulkan cahaya karena kekurangan luminositas mutiara nyata. Mutiara palsu mungkin terlihat berkilau namun tidak menunjukkan kilau yang mendalam seperti mutiara asli.
 
6. Mutiara palsu, bila dilihat dengan kaca pembesar, memiliki sepotong kaca atau manik plastik di bagian tepi lubang tempat biasa digantung. Bila dipisahkan, maka akan muncul kerak yang bisa hilang.
 
7. Mutiara palsu terasa lebih ringan bila dibandingkan mutiara asli.
 
Untuk mengetahui keaslian mutiara, ada beberapa cara sederhana untuk membuktikannya. Bila mutiara itu terasa dingin bila disentuh, bisa jadi mutiara tersebut asli. Gosokkan mutiara pada gigi depan, bila berpasir atau memiliki ketahanan, maka mutiara itu asli. (peralsofjoy)
 
(LOV)


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif