Cara mengusir semut dengan bahan alami. Foto: Shutterstock
Cara mengusir semut dengan bahan alami. Foto: Shutterstock

Di Rumah Banyak Semut, Usir dengan 5 Bahan Alami Ini

Properti Tips Properti tips rumah tips membersihkan rumah
Rizkie Fauzian • 01 Mei 2021 09:14
Jakarta: Semut merupakan hewan yang pasti ada di setiap rumah. Semut akan keluar dari sarangnya ketika mencari makanan yang berasal dari makanan yang berceceran di rumah.
 
Untuk menghilangkan semut, pastikan bahwa rumah Anda bersih dari sampah-sampah yang disukai semut. Selain itu, Anda bisa menggunakan bahan-bahan berikut ini untuk mengusir semut dari rumah.

1. Gunakan minyak esensial

Ingin membasmi semut dan sekaligus membuat rumah Anda harum? Cobalah minyak esensial. Semut membenci aroma tertentu, terutama yang kuat seperti peppermint dan kayu manis.
 
Buat semprotan semut dengan mencampurkan 20 tetes minyak esensial seperti peppermint dengan satu cangkir air di dalam botol semprot. 

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Semprotkan langsung ke semut dan di sekitar titik masuk.
Anda juga bisa mencelupkan kapas ke dalam minyak esensial dan menelusuri jalan yang biasanya dilalui semut.
 
Minyak esensial lain yang bisa dicoba tea tree, lemon eucalyptus, lavender, dan lemon.

2. Gunakan cuka

Cuka diketahui merupakan pembersih yang murah dan efektif, dan dibenci semut. Campurkan pembersih dengan cuka putih untuk mencegah semut.
 
Anda juga bisa mencampurkan 1/2 cangkir cuka putih dengan 1/2 cangkir air dalam botol dan mulailah menyemprot. Anda juga bisa menambahkan minyak esensial, seperti yang disebutkan di atas
 
Cuka dapat merusak permukaan tertentu. Hindari menggunakan cuka pada bahan marmer.

3. Bubuk kopi

Bubuk kopi merupakan cara yang murah untuk mengusir semut karena mereka tidak menyukai baunya yang menyengat. Namun, langkah ini akan sulit bila dilakukan di dalam rumah karena bubuk kopi akan sulit dibersihkan.
 
Solusi ini bisa Anda gunakan di luar rumah. Misalnya simpan di teras atau di area lainnya di luar, namun perhatikan bila Anda memiliki hewan peliharaan.

4. Lemon

Campurkan air dan lemon dengan perbandingan yang sama dalam botol, lalu semprotkan langsung pada semut dan di sekitar jendela serta pintu masuk semut.
 
Simpan kulit lemon (atau buah jeruk lainnya) di lemari atau di sekitar pintu masuk. Anda juga bisa membeli pembersih beraroma jeruk atau menambahkan minyak esensial jeruk ke semprotan untuk mencegah semut masuk.

5. Taburkan bedak

Bedak tidak hanya membunuh semut, tetapi juga kutu dan kecoak. Taburkan bedak di sekeliling rumah Anda dan di jalur semut atau di atas gundukan semut.
 
Gunakan bedak yang aman digunakan di sekitar anak-anak dan hewan peliharaan, tetapi berbahaya bagi beberapa serangga.

 
(KIE)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif