Simak untung rugi beli rumah lelang. Foto: Shutterstock
Simak untung rugi beli rumah lelang. Foto: Shutterstock

Berniat Beli Rumah Lelang? Simak Dulu Untung-Ruginya

Properti Tips beli rumah Rumah lelang Tips beli rumah lelang Tips membeli rumah seken
Rizkie Fauzian • 26 April 2022 20:59
Jakarta: Selain membeli secara tunai dan kredit, Anda bisa memiliki rumah dengan cara lelang. 
Rumah lelang merupakan rumah yang ditawarkan oleh bank karena debitur tidak dapat melunasi cicilan kreditnya.
 
Saat debitur gagal membayar dan mendapati kreditnya macet, maka rumah akan disita bank, dilelang dan dijual. Rumah lelang sitaan bank cukup menggoda karena harganya bisa lebih murah dari rumah baru.
 
Jika berniat membeli rumah lelang, Anda bisa mencari tahu bagaimana prosesnya.  Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah memeriksa kondisi rumah. Perhatikan lingkungan dan kondisi rumah. 

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Jangan lupa, calon pembeli tidak dapat melakukan lelang langsung dengan pihak yang rumahnya disita, sehingga harus mendatangi dan mendaftar di balai lelang pemerintah ataupun swasta yang ditunjuk oleh KPKNL (Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang).
 
Berikut ini kelebihan dan kekurangan membeli rumah lelang.

Keuntungan 

1. Harga yang ditawarkan lebih murah

Harga lebih murah ketimbang rumah baru atau rumah bekas sekalipun. Ini disebabkan bank yang memang ingin menarik kembali kredit yang telah dikucurkan kepada nasabah yang gagal melunasi rumah tersebut.

2. Lokasi yang telah berkembang

Area layak yang biasanya terletak di kawasan perumahan berkembang.

3. Fasilitas yang memadai

Beberapa fasilitas rumah seperti garasi, gerbang, dan lainnya masih bisa dipakai alias tidak perlu diganti.

Kerugian 

1. Butuh renovasi

Jika Anda memilih rumah dengan harga miring, siap-siap juga menerima kondisi rumah yang tak lagi prima sehingga tetap harus melakukan renovasi di sana-sini. 
 
Biaya renovasi besar jika rumah lelang tersebut tidak dirawat. Bahkan, jika kamu kunjungi situs rumah lelang perbankan BUMN, terlihat sejumlah rumah yang dilelang dalam kondisi tidak layak huni.

2. Hambatan dari penghuni lama 

Masih ditempati penghuni menjadi persoalan selanjutnya. Ada kemungkinan pemilik pertama yang belum juga pindah karena ada kemungkinan bank hanya melelang meski rumah masih berpenghuni.

3. Kondisi lingkungan

Kondisi lingkungan yang belum tentu baik, misalnya banjir atau rawan. Ini jadi persoalan lain ketika rumah dalam kondisi layak huni dan kosong, tetapi secara lingkungan kurang nyaman.
 
Dengan untung-ruginya yang dijabarkan, ada baiknya Anda tidak gegabah saat akan membeli rumah lelang. Tak perlu ragu untuk melakukan survei sampai beberapa kali demi mendapatkan yang Anda inginkan.
 
Misalnya saja memastikan jalur tidak terlalu macet di jam sibuk atau memastikan tidak banjir dengan mengunjungi kawasan rumah di saat hujan deras.
 
(KIE)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif