Untung-rugi investasi rumah dan apartemen. Foto: Shutterstock
Untung-rugi investasi rumah dan apartemen. Foto: Shutterstock

Catat! Untung-Rugi Investasi Rumah dan Apartemen

Properti apartemen rumah tapak Tips Properti Perjanjian Jual-Beli Properti Tips beli rumah
Rizkie Fauzian • 21 Juli 2021 17:14
Jakarta: Properti memang sejak lama dikenal sebagai instrumen investasi. Jika dibandingkan dengan jenis investasi lainnya, properti dianggap lebih minim risiko dan kemungkinan menghasilkan keuntungan lebih tinggi.
 
Namun berinvestasi properti tidak semudah yang dibayangkan, karena harus ada banyak hal yang harus diperhatikan. Tidak hanya itu, kita pun harus jeli menentukan jenis properti apa yang akan dijadikan investasi.
 
Ada beberapa jenis investasi properti mulai dari apartemen, rumah atau tanah. Namun akan dibahas dua jenis investasi antara rumah dan apartemen, mana yang dianggap lebih menguntungkan dikutip dari laman Lamudi.co.id.

Kelebihan investasi rumah

Rumah merupakan jenis investasi yang paling populer, di Indonesia karena masyarakat lebih memilih tinggal di rumah jika dibandingkan dengan apartemen. 

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Karena itu, jenis properti ini lebih mudah dijual ataupun disewa. Selain itu biasanya kenaikan harga jualnya lebih tinggi jika dibandingkan dengan apartemen ataupun tanah.
 
Salah satu keuntungan investasi rumah adalah dapat dijadikan jaminan untuk mengambil kredit di bank. Namun dengan catatan, bahwa rumah tersebut berstatus Sertifikat Hak Milik (SHM).

Kekurangan investasi rumah

Bagi mereka para investor, jika memang menginginkan investasi rumahnya memiliki nilai jual yang tinggi harus membeli rumah di lokasi yang strategis, seperti dekat dengan sarana transportasi umum, pusat pendidikan ataupun pusat perbelanjaan. 
 
Dan harga rumah di lokasi strategis tersebut pastinya akan lebih mahal, artinya bagii para investor yang memilih jenis properti rumah maka mereka harus mengeluarkan uang lebih untuk membelinya.
 
Jika Anda memilih untuk berinvestasi rumah, berarti juga harus rela mengeluarkan dana lebih untuk perawatan. Jika Anda berencana untuk menyewakan rumah, berarti Anda juga harus mencari penyewa yang bertanggung jawab, jika Anda tidak mau rumah rusak dan kotor.

Kelebihan investasi apartemen

Biasanya apartemen dibangun di pusat kota, sehingga sangat prospektif untuk disewakan. Selain itu apartemen dilengkapi dengan beragam fasilitas yang lengkap seperti pusat kebugaran, kolam renang dan lain-lain.
 
Karena berada di pusat kota dan memiliki fasilitas yang lengkap, biasanya harga sewa apartemen lebih mahal jika dibandingkan harga sewa rumah.

Kekurangan investasi apartemen  

Bukan rahasia umum lagi bahwa luas unit apartemen lebih kecil jika dibandingkan dengan rumah, sehingga masalah ini menjadi kendala bagi mereka yang memiliki anggota keluarga yang banyak.
 
Berbeda dengan rumah, status sertifikat yang ada pada apartemen adalah Hak Guna Bangunan (HGB), sertifikat jenis ini tidak bisa digunakan untuk jaminan mengambil pinjaman di bank. 
 
Selain itu, jika Anda memilih untuk investasi properti, maka Anda juga harus bersiap untuk mengeluarkan dana untuk perawatannya.
 
(KIE)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif