Cara menghilangkan jamur dengan cuka. Foto: Shutterstock
Cara menghilangkan jamur dengan cuka. Foto: Shutterstock

Cuka Bisa Hilangkan Jamur di Rumah, Begini Caranya

Properti cuka tips membersihkan rumah Manfaat cuka Pertumbuhan jamur Jamur Mencegah jamur tumbuh di rumah Cegah jamur di kamar mandi
Rizkie Fauzian • 06 Mei 2022 10:53
Jakarta: Jamur mudah tumbuh dan berkembang di rumah, terutama di area seperti kamar mandi dan ruang cuci dengan kelembaban tinggi. Jenis jamur dan tingkat penyebarannya mempengaruhi cara pembersihannya.
 
Jika pertumbuhan jamur sangat masif, sebaiknya menyewa perusahaan penghilang jamur profesional untuk. Namun, jika jamur yang tumbuh masih sedikit dan mudah dihilangkan, Anda bisa menggunakan cuka.
 
Baca juga: 7 Cara Mudah Hilangkan Bau Apek di Rumah

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Ada beberapa jenis cuka yang bisa Anda gunakan, tetapi cuka suling atau cuka putih paling aman bagi lingkungan dan manusia. Untuk membersihkan jamur, Anda harus menggunakan cuka dengan kadar asam asetat 4 hingga 4,2 persen atau lebih tinggi.
 
Cuka suling yang umumnya digunakan memasak mengandung sekitar lima persen asam asetat dan 95 persen air. Cuka khusus pembersih mengandung sekitar enam persen asam asetat. 
 
Jika Anda menemukan jamur di rumah dalam, segera bersihkan sebelum menyebar. Setiap area dengan kelembaban tinggi harus dibersihkan dan diperiksa setidaknya setiap minggu untuk melihat tanda-tanda jamur. 
 
Menjaga permukaan tetap bersih membantu menghilangkan makanan yang dibutuhkan jamur untuk berkembang. Berikut ini penggunaan cuka untuk menghilangkan jamur di rumah.

1. Gunakan alat pelindung

Karena banyak jamur dapat menyebabkan reaksi alergi, sebaiknya Anda menggunakan alat pelindung mata, masker, dan sarung tangan karet. Sebaiknya cuci segera pakaian setelah digunakan untuk membersihkan jamur

2. Cek ventilasi

Buka pintu dan jendela dan nyalakan kipas pembuangan di kamar mandi atau dapur untuk membantu ventilasi yang lebih baik sebelum Anda mulai membersihkan.

3. Oleskan cuka

Cuka Bisa Hilangkan Jamur di Rumah, Begini Caranya
Tuangkan cuka murni ke dalam botol semprot dan beri label. Semprotkan permukaan yang berjamur. Biarkan cuka setidaknya selama satu jam sebelum melanjutkan ke langkah berikutnya.

4. Bilas 

Celupkan spons ke dalam air bersih dan bersihkan permukaannya. Bilas spons sesering mungkin. Untuk permukaan vertikal, mulailah dari atas dan turun ke bawah.

5. Periksa perubahan warna

Jika terjadi perubahan warna, Anda perlu menggunakan larutan pemutih berbasis oksigen untuk menghilangkan noda. Pemutih tidak akan membunuh spora jamur tetapi sangat efektif untuk menghilangkan noda.

6. Keringkan 

Biarkan permukaan yang baru dibersihkan mengering.
 
Cuka juga berguna untuk membersihkan jamur dan lumut pada pakaian. Jika barang dapat dicuci, gunakan air terpanas dan tambahkan satu cangkir cuka ke mesin cuci. Jika noda tetap ada, buat larutan pemutih dan air dan biarkan pakaian terendam setidaknya selama delapan jam.

 
(KIE)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif