Penyebab daun tanaman hias rontok. Foto: Shutterstock
Penyebab daun tanaman hias rontok. Foto: Shutterstock

Penyebab Daun Tanaman Rontok, Kelembapan hingga Hama

Rizkie Fauzian • 29 Maret 2022 18:26
Jakarta: Penyebab daun tanaman hias rontok bisa bermacam-macam. Rontoknya daun juga bukan merupakan masalah karena hal tersebut lumrah terjadi pada tanaman.
 
Daun tanaman rontok biasanya terjadi karena siklus hidupnya. Tanaman yang kekurangan magnesium membuat daunnya berubah kuning dan rontok.
 
Namun bila tanaman yang berwarna hijau juga rontok sekaligus, bahkan daun-daun yang masih baru tumbuh, bisa jadi ada masalah dalam tanaman Anda.
 
Dilansir The Spruce, berikut ini beberapa penyebab daun-daun pada tanaman rontok.

1. Perubahan 

Ini adalah penyebab paling umum dari gugurnya daun, namun yang paling sulit untuk diperbaiki. Misalnya saat tanaman hias yang terbiasa disimpan di luar kemudian dibawa ke dalam rumah.
 
Hal ini merupakan respons terhadap perubahan dramatis dari suhu, kelembapan, tingkat cahaya, atau kebiasaan menyiram. 
 
Bisa juga tanaman yang baru Anda beli sering mengalami shock saat bertransisi. Hal yang sama berlaku untuk tanaman yang baru di-repotting.
 
Sayangnya, tidak banyak yang dapat Anda lakukan untuk mengatasi ini selain berharap tanaman itu bertahan. Dalam kebanyakan kasus, kondisi ini memang sementara. 
 
Daun-daun yang rontok mungkin berantakan saat jatuh, tetapi tanaman ini adalah pembersih udara dalam ruangan yang efisien dan bahkan dapat mengurangi stres.

2. Kelembapan 

Banyak tanaman hias berjenis tumbuhan tropis sehingga ketika ditanam dalam kondisi ruangan yang kering akan bereaksi dengan menjatuhkan daun.
 
Hal ini adalah respons alami karena tanaman berusaha untuk mempertahankan kehilangan kelembabannya dengan mengurangi jumlah daun. 
 
Anda bisa meletakkan nampan atau alas lain yang diisi dengan air agar tanaman selalu basah dan dapat membantu tingkat kelembapan. 

3. Hama

Hama tertentu, seperti kutu putih, tungau, dan laba-laba dapat menyebabkan kerontokan daun. Periksa daun yang gugur dengan hati-hati untuk mengetahui tanda-tanda dari hama. 
 
Jika Anda melihat hama, obati tanaman tersebut agar tidak menyebar ke daun lainnya. Anda bisa menggunakan sabun khusus insektisida untuk menghilangkan hama.

4. Pencahayaan

Kurangnya sinar matahari juga bisa menjadi penyebab rontoknya daun pada tanaman hias Anda. Pindahkan tanaman ke tempat yang lebih cerah, dan menerima lebih banyak cahaya alami.

5. Suhu 

Perubahan suhu juga bisa menjadi penyebab daun rontok. Saat musim hujan, tanaman sering terkena air sehingga lembab, sebaliknya saat musim kemarau, tanaman bisa sangat kering.

6. Penyiraman

Mempertahankan tingkat kelembapan tanah memang diperlukan, namun bagaimana dengan tanaman yang disimpan dalam ruangan?
 
Daun jatuh bisa terjadi karena tanah terlalu basah atau terlalu kering. Namun, jangan terlalu sering dan banyak menyiram bisa jadi tanaman Anda akan busuk.

7. Vitamin

Jika daun yang rontok berwarna kuning atau hijau pucat terlebih dahulu, mungkin tanaman Anda bereaksi terhadap pupuk yang tidak mencukupi.  Anda bisa meningkatkan penggunaan pupuk, misalnya dari lima bulan sekali menjadi tiga kali. 
 
Saat memilih tanaman, pastikan Anda tau jenisnya. Meskipun semua tanaman hias membutuhkan cahaya, air, kelembapan, dan nutrisi, namun tanaman tersebut memiliki cara perawatan yang berbeda. Semakin banyak Anda mengetahui tentang tanaman baru Anda, semakin baik Anda dalam merawatnya.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


(KIE)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif