6 Manfaat Cuka Selain untuk Makanan
foto: ilustrasi/vebma/geekwise
Jakarta:Cairan fermentasi ini ada di hampir semua dapur dan gerobak bakso. Padahal selain untuk membuat acar dan penambah rasa masakan, cuka bisa juga digunakan membersihkan perabotan rumah.

Berikut ini manfaat lain cuka yang bisa Anda coba di rumah;

Karpet
Untuk memberisihkan noda di karpet, campurkan cuka dan air dengan perbandingan 50:50. Kocok dan semprotkan campuran tersebut ke noda, tunggu hingga 2 menit. Setelah itu gosok noda tersebut dengan kain kering bersih hingga kotoran memudar.

Kloset
Kali ini tidak perlu dicampur. Tuangkan cuka seperlunya ke noda porselen kamar mandi. Gosok dengan sikat hingga noda hilang.

Kaca
Debu yang lama menumpuk, bisa menjadi jamur di kaca. Campuran 50:50 cuka dengan air usapkan campuran kaca yang kotor, lalu bersihkan dengan kain lembut.



Lantai  
Tuangkan cuka sebanyak 150 ml ke dalam 2,5 liter air bersih. Gunakan campuran itu sebagai pengganti cairan pembersih lantai.

Kerak kamar mandi
Tambahkan garam ke campuran 50:50 cuka dengan air. Semprotkan larutan itu ke noda kerak di kamar mandi, lalu gosok dengan dengan sikat dan bilas dengan air bersih.

Karat perabot
Jika perabot metal atau besi rumah mulai berkarat, Anda bisa menghilangkannya dengan air cuka. Sempotkan air cuka di bagian karat lalu gosok dengan sikat gigi hingga karat menghilang, kemudian bersihkan dengan air bersih.

 

(LHE)