Menjaga dapur tetap rapi dan bersih Bagi sebagian orang sangat sulit. (Foto: Shutterstock)
Menjaga dapur tetap rapi dan bersih Bagi sebagian orang sangat sulit. (Foto: Shutterstock)

Trik Menata Dapur agar Selalu Rapi

Properti Tips Properti
Rizkie Fauzian • 10 Juli 2019 08:10
Jakarta: Bagi sebagian orang, sangat sulit menjaga dapur tetap rapi dan bersih karena butuh upaya ekstra.
 
Guna mempertahankan kebersihan dan kerapian, sebaiknya bersihkan dapur Anda secara rutin. Selain itu, Anda perlu mengatur perabot di dapur agar tidak menumpuk.
 
Berikut ini, beberapa tips yang bisa dilakukan untuk menjaga kerapihan dapur.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


1. Cek Perabotan
 
Tidak semua barang-barang elektronik perlu disimpan di meja dapur. Pilih berdasarkan frekuensi penggunaan.
Simpan barang elektronik yang jarang digunakan di dalam lemari dapur. Misalnya, blender atau mixer.
 
2. Sortir
 
Evaluasi setiap benda yang ada di dapur Anda. Jika Anda memiliki tiga wajan yang identik, sumbangkan satu. Buang apa pun yang rusak dan tidak dapat diperbaiki.
 
3. Penyimpanan
 
Jika pada aturan pertama Anda sebaiknya menyimpan barang yang tidak perlu, maka untuk barang yang setiap hari Anda gunakan simpan di tempat yang mudah dijangkau.
 
4. Tata Letak
 
Panci dan wajan harus dikelompokkan berdasarkan ukuran. Selain mempermudah, menata letak juga membuat tampilan dapur di rumah Anda lebih rapi.
 
5. Pisahkan Sampah
 
Meski hal ini dinilai sepele, memisahkan sampah basah dan kaleng-kaleng mempermudah Anda. Sampah yang basah bisa langsung Anda buang, sementara kaleng-kaleng bisa Anda kumpulkan.
 
6. Atur di Bawah Wastafel
 
Seringkali tempat ini menjadi tempat berkumpulnya barang-barang yang tidak penting sehingga menumpuk dan membuat tampilan dapur semerawut.
 
Mulai dengan memilah mana yang penting dan tidak. Jika tidak lagi digunakan sebaiknya buang. Jika perabotan di bawah wastafel terlanjur menumpuk, Anda bisa membuat gorden sendiri untuk menutupi bawah wastafel agar tidak terlihat.
 
7. Atur Sendok Garpu
 
Gunakan sekat laci di dalam lemari untuk menjaga perlengkapan dapur Anda tetap rapi. Pisahkan barang-barang tersebut berdasarkan kegunaan.
 
8. Kulkas
 
Percaya atau tidak, kulkas yang rapi dan bersih membuat mood Anda juga baik. Untuk itu sangat penting menjaga kerapian kulkas.
 
Simpan makanan yang mudah hancur ke bawah bukan di pintu. Rak bawah bisa Anda gunakan untuk menyimpan sayur-sayuran agar tetap segar. Gunakan rak di pintu untuk menyimpan makanan botol dan bumbu.
 

(KIE)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif