Alasan beli rumah di akhir tahun jadi waktur terbaik. Foto: Shutterstock
Alasan beli rumah di akhir tahun jadi waktur terbaik. Foto: Shutterstock

5 Alasan Beli Rumah di Akhir Tahun Lebih Menguntungkan

Rizkie Fauzian • 10 Desember 2021 10:58
Jakarta: Memiliki tempat tinggal pribadi menjadi keinginan setiap orang, namun tak semuanya bisa memiliki rumah dengan mudah. Selain harga yang terus naik, memiliki rumah juga membutuhkan komitmen jangka panjang.
 
Meskipun harga rumah tergolong sangat mahal, namun untuk memilikinya bukan hal yang mustahil. Saat ini, pemerintah memberikan berbagai kemudahan untuk masyarakat untuk membeli rumah.
 
Insentif yang diberikan antara lain Pajak Pertambahan Nilai (PPN) yang ditanggung oleh pemerintah hingga uang muka 0 rupiah. Dengan kemudahan tersebut, maka akhir tahun menjadi buyer's market.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Country Manager Rumah.com Marine Novita mengatakan, secara umum tahun depan masih akan menjadi ‘buyer’s market’. Pembeli akan disuguhi beragam pilihan properti terbaru dengan tawaran promo, diskon, dan hadiah. 
 
"Suku bunga KPR juga masih rendah. Namun hal ini tidak akan bertahan lama karena penjual semakin berani untuk meningkatkan harga properti secara berkala," jelasnya.
 
Oleh karena, jika Anda memiliki anggaran khusus atau dana lebih sebaiknya segera memiliki rumah karena harganya bisa naik sewaktu-waktu. Berikut ini alasan mengapa akhir tahun waktu tepat beli rumah.

1. Banyak promo di akhir tahun

Di akhir tahun biasanya para pengembang banyak memberikan promo, diskon, hingga hadiah. Anda bisa memanfaatkan hal tersebut untuk mendapatkan harga yang lebih miring.

2. Banjir insentif 

Pemerintah tengah gencar memberikan insentif properti untuk meningkatkan daya beli masyarakat di tengah pandemi. Insentif yang diberikan berupa diskon PPN hingga uang muka 0 persen.
 
Kemudahan ini tentu tak bisa Anda dapatkan lagi karena pemerintah belum memutuskan apakah diskon PPN akan dilanjutkan kembali tahun depan.

3. Suku bunga rendah

Beberapa perbankan biasanya menawarkan suku bunga yang lebih rendah selama akhir tahun atau saat ada acara pameran properti.
 
Pameran-pameran properti tersebut biasanya digelar akhir tahun. Anda bisa memanfaatkan momen tersebut agar jumlah angsuran menjadi lebih ringan tentunya.

4. Tahun depan harga naik

Bukan rahasia lagi jika harga rumah setiap tahun naik. Hal ini yang membuat pembeli berpikir panjang untuk memiliki rumah.
 
Oleh karena itu, jika Anda memiliki dana sebaiknya segera membeli rumah karena harganya pasti naik setiap tahun dan semakin sulit membelinya.

5. Investasi menjanjikan

Rumah menjadi salah satu investasi yang menjanjikan saat ini. Harga jual yang cenderung tinggi membuat Anda mampu memperoleh keuntungan berkali-kali lipat terutama dengan jumlah permintaan rumah yang naik tiap waktu.
 
(KIE)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif