Ilustrasi. Foto: Shutterstock
Ilustrasi. Foto: Shutterstock

Cermin di Atas Tempat Tidur, Baik atau Buruk Menurut Feng Shui?

Medcom • 12 Oktober 2022 16:28
Jakarta: Cermin merupakan salah satu elemen dekorasi populer yang kerap digunakan untuk memperkuat cahaya dan menciptakan ruang yang luas secara visual. Namun meletakan cermin di kamar tidur tidak boleh sembarangan, menurut feng shui tata letak cermin sangat mempengaruhi energi di dalam kamar.
 
Sebenarnya banyak ahli feng shui menyarankan untuk tidak menggantung cermin di area tertentu di rumah, dan salah satunya adalah kamar tidur. Disarankan untuk tidak menggantung cermin di kamar tidur, terutama menempatkannya di atas tempat tidur.
 
Namun, di sisi lain menggantung cermin di atas tempat tidur juga membawa manfaat. Dilansir dari Feng Shui Beginner berikut penjelasan baik dan buruknya menggantung cermin di atas tempat tidur.

Mengapa menggantung cermin di atas tempat tidur ide buruk?

1. Tidak ada dukungan

Menggantung cermin di atas tempat tidur akan menciptakan stabilitas dan dukungan landasan di kamar tidur, jadi jangan menggantung cermin di atas tempat tidur.

2. Perasaan tidak aman

Hal yang baik adalah menjaga ruang di atas tempat tidur tetap kosong. Jangan memasang benda berat seperti lukisan, AC, dan cermin di atas tempat tidur karena dapat menimbulkan bahaya jatuh.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Hal ini bisa saja menyebabkan kecemasan, kamu merasa benda-benda itu akan jatuh kapan saja dan menyebabkan cedera yang tidak disengaja. Kekhawatiran ini dapat memengaruhi kualitas tidur dan menyebabkan masalah kesehatan emosional dalam jangka panjang.
 
Baca juga: 6 Trik Menempatkan Cermin di Rumah agar Terlihat Luas

Apa manfaat menggantung cermin di atas tempat tidur?

Meskipun sebagian besar praktisi feng shui menyarankan untuk tidak memasang atau menggantungkan cermin di atas tempat tidur, tapi ada beberapa manfaat yang bagus juga. Berikut di antaranya.

1. Membuat ruangan tampak lebih besar

Ada banyak cara untuk menciptakan ruangan terlihat lebih besar secara visual, seperti menggunakan warna kontras dan warna terang, melakukan decluttering, memaksimalkan penataan ruangan dan menggunakan cermin. Menggantung cermin di atas tempat tidur adalah cara cerdas untuk membuat kamar tidur sempit terlihat luas dan lebih terbuka.

2. Menambahkan efek romantis

Cermin dengan bingkai bulat dapat membantu mengisi ruang dengan nuansa romantis. Selain itu, cermin juga dapat memperkaya kehidupan cinta dan memelihara hubungan yang lebih baik.

Apakah menggantung cermin di atas tempat tidur cocok untuk kamu?

Jika kamu hanya berfokus pada feng shui, maka meletakkan cermin di atas tempat tidur merupakan hal yang buruk, dan kamu harus menghindarinya dengan cara apa pun.
 
Namun, tata letak ini bisa menjadi ide yang baik dalam desain interior untuk menciptakan ruang yang menarik secara visual, terutama untuk kamar tidur kecil dan sempit agar terlihat luas.
 
Kesimpulannya, baik atau buruknya menggantung cermin di atas tempat tidur itu tergantung pada preferensi individu dan tingkat kenyamanan. (Eka Putri Wahyuni)
 
(KIE)




LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif