Dua Pergub Rumah DP Rp 0 Diracik
Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno. Foto: Medcom.id/Haifa Salsabila.
Jakarta:Pemprov DKI tengah menyiapkan dua peraturan gubernur (pergub) terkait rumah dengan uang muka (DP) Rp 0. Pergub pertama soal pembentukan organisasi melalui unit pelaksana teknis (UPT).

"Setelah itu (organisasi), pembiayaan. Dan tentunya ada peraturan lain yang nanti akan membantu merealisasikan itu," kata Wakil Gubernur Jakarta Sandiaga Uno di Jakarta Timur, Senin, 16 April 2018.


Keputusan untuk membuat dua pergub karena harus ada dua hal yang diakomodasi: organisasi dan skema pembiayaan. Hari ini, Gubernur Anies Baswedan menerbitkan pergub soal UPT terlebih dahulu. 

"Dalam proses, sudah di atas meja. Hari ini kita coba. Tapi pembiayaannya enggak hari ini karena akan ada pendalaman," kata Sandiaga.

Baca:Pemprov DKI Waspada Calo Rumah DP 0 Rupiah

Pendalaman yang dimaksud adalah mendesain skema pembiayaan selain fasilitas likuiditas pembiayaan perumahan (FLPP) besutan Kementerian PUPR. "Bagaimana kalau skemanya di luar FLPP," ungkap dia.

Pemprov DKI tengah fokus menyiapkan pelaksanaan program rumah DP Rp0. Hal ini dilakukan untuk mematangkan eksekusi pengadaan rumah, terutama menghindari calo. Pemprov tak akan menoleransi adanya penjualan rumah yang diperuntukkan masyarakat.



(OGI)