Cara mengecat dinding bagian luar rumah. Foto: Shutterstock
Cara mengecat dinding bagian luar rumah. Foto: Shutterstock

Populer Properti, Penjualan Rumah Masih Kontraksi hingga Tips Mengecat Dinding Luar

Rizkie Fauzian • 21 Mei 2022 09:13
Jakarta: Beberapa berita di kanal properti Medcom.id menjadi sorotan pembaca. Di antaranya penjualan rumah belum membaik hingga cara mengecat dinding luar.
 
Berikut tiga berita terpopuler properti Medcom.id pada Jumat, 20 Mei 2021:

1. Penjualan Properti Belum Membaik, Ini Penyebabnya

Penjualan properti residensial di pasar primer pada triwulan I-2022 masih mengalami kontraksi, meskipun sudah membaik. Survei Harga Properti Residensial (SHPR) Bank Indonesia mencatat penjualan rumah masih mengalami kontraksi sebesar -10,11 persen, lebih baik dari triwulan sebelumnya sebesar -11,60 persen.
 
Perbaikan perkembangan penjualan pada triwulan I-2022 didorong oleh membaiknya penjualan pada tipe besar yang tumbuh sebesar 4,01 persen (yoy) dan perbaikan penjualan tipe rumah
kecil sebesar -8,27 persen (yoy) yang sebelumnya mengalami kontraksi lebih dalam sebesar -23,79 persen (yoy). 
 
Sementara itu, penjualan tipe rumah menengah pada triwulan I-2022 tercatat sebesar -18,28 persen (yoy), atau mengalami penurunan dibandingkan penjualan pada triwulan IV-2021. 
 
Baca selengkapnya di sini

2. 7.682 Huntap Korban Bencana Sulteng Rampung 2023

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) berencana membangun 7.682 unit hunian tetap (huntap) bagi warga yang terkena dampak bencana gempa bumi dan tsunami di Sulawesi Tengah pad September 2018.
 
Sekretaris Jenderal Kementerian PUPR Mohammad Zainal Fatah mengatakan, Kementerian PUPR menargetkan penyelesaian huntap pada akhir 2023. 
 
"Kami telah menyelesaikan 3.463 unit huntap atau setara 45 persen dari total rencana 7.682 unit huntap. Adapun 45 persen unit huntap tersebut telah dihuni oleh para penerima manfaat," katanya dalam keterangan tertulis, Jumat, 20 Mei 2022.
 
Baca selengkapnya di sini 

3. Cara Ini Bikin Cat Dinding Luar Rumah Tahan Lama

Mengaplikasikan cat dinding bagian luar tentu berbeda dengan ruangan dalam. Cat di bagian luar, umumnya mudah mengelupas karena faktor cuaca, debu, dan kotoran lainnya.
 
Untuk itu, saat mengecat dinding bagian luar diperlukan beberapa tips untuk memastikan warnanya tahan lama. Dinding bagian luar juga biasanya mudah mengelupas dan berjamur.
 
Sebelum berencana mengecat rumah, periksa apakah ada celah pada dinding atau tembok luar rumah.
 
Baca selengkapnya di sini 

 
(KIE)



LEAVE A COMMENT
LOADING
social
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif