Rusun bagi ASN dapat mengatasi masalah defisit perumahan. (Foto: dok: Kementerian PUPR)
Rusun bagi ASN dapat mengatasi masalah defisit perumahan. (Foto: dok: Kementerian PUPR)

Rusun untuk ASN Kurangi Backlog Perumahan

Properti sejuta rumah rusun pekerja
Rizkie Fauzian • 26 Maret 2019 18:29
Jakarta: Pemerintah terus meningkatkan ketersediaan hunian layak melalui pembangunan rusun. Tak hanya bagi masyarakat berpenghasilan rendah (MBR), rusun juga diperuntukkan bagi Aparatur Sipil Negara (ASN), TNI/Polri.
 
Menurut pengamat properti Ignatius Untung, program pembangunan rumah bagi ASN itu dapat menjadi salah satu terobosan untuk masalah defisit atau backlog perumahan.
 
"Kondisi properti kita untuk kalangan menengah sedang tidak bagus. Rusun untuk kalangan berpenghasilan rendah atau ASN dapat mengurangi masalah tersebut," ujar Untung, saat dihubungi kemarin.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Menurut Untung, masyarakat di perkotaan tidak perlu kaku dengan harus menunggu rumah tapak yang harganya belum tentu terjangkau dan tidak banyak tersedia karena keterbatasan lahan.
 
Di sisi lain, ia berharap program pemerintah untuk menyediakan rumah khusus bagi ASN dapat diimbangi dengan meningkatnya kinerja.
 
Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melalui Ditjen Penyediaan Perumahan sudah membangun rusun khusus ASN sejak 2018. Salah satunya, Rusun Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) Bogor. Selain itu ada Rusun ASN Pemerintah Kabupaten Banyuasin, Rusun ASN Pemerintah Kabupaten Musi Banyuasin.

 

(KIE)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif