Jumlah pengunjung pusat perbelanjaan diperkirakan naik seiring dengan larangan mudik. Foto: MI/Susanto
Jumlah pengunjung pusat perbelanjaan diperkirakan naik seiring dengan larangan mudik. Foto: MI/Susanto

Mudik Dilarang, Mal Bakal Jadi "Sasaran" Selama Libur Lebaran

Sri Yanti Nainggolan • 22 April 2021 17:06
Jakarta: Pemerintah resmi melarang mudik Lebaran 2021 tahun ini karena angka penularan covid-19 masih sangat tinggi. Sektor ritel melihat adanya peluang manis melalui aturan tersebut. 
 
Ketua Asosiasi Pengelola Pusat Belanja Indonesia (APPBI), Alphonzus Widjaja, memprediksi, akibat larangan mudik, mal-mal bakal jadi "sasaran" buat mereka yang tidak bisa mudik. Menurut Alphonzus, jumlah pengunjung ke pusat perbelanjaan akan meningkat hingga 40 persen bila dibandingkan dengan Lebaran tahun lalu. Pasalnya, kinerja penjualan ritel biasanya mencapai puncaknya selama Ramadan dan Idulfitri. 
 
"Jadi, retailer (pengecer) akan mendapat keuntungan dari musim ini. Bahkan dalam kondisi saat ini, kinerja ritel diproyeksikan meningkat meski tidak sebesar sebelum pandemi," papar Alphonzus dalam keterangan tertulis, Kamis, 22 April 2021. 
 
Ia meminta agar momentum tersebut dijaga supaya para retailer tetap memiliki kinerja penjualan yang stabil. 

Sementara itu, Senior Associate Director Retail Services Colliers International Indonesia, Sander Halsema, mengungkapkan Ramadan dan Idulfitri selalu menjadi momen yang cukup baik bagi sektor ritel. Jumlah pengunjung yang mendatangi pusat perbelanjaan biasanya meningkat cukup signifikan. 
 
"Pada kondisi saat ini, dengan adanya tambahan larangan mudik Idulfitri, masyarakat tidak memiliki banyak pilihan untuk berwisata atau berekreasi, sehingga pusat perbelanjaan mungkin akan mengalami peningkatan jumlah pengunjung," terang Sander.
 
Menurut dia, pusat perbelanjaan akan mengalami peningkatan lalu lintas dan kinerja dalam jual-beli. Apalagi, retailer dan operator pusat perbelanjaan biasanya menghadirkan program diskon untuk memastikan pengunjung mendatangi pusat perbelanjaan atau ruang ritel mereka.
 
Namun, ia juga yakin penjualan ritel akan menurun setelah momen Ramadan dan Idulfitri, seperti yang terjadi ditahun-tahun sebelumnya.
 
"Tetapi retailer harus mengembangkan strategi untuk memastikan penjualan tidak turun ke angka terendah seperti yang dialami ketika awal pandemi," saran dia. 
 
Cek Berita dan Artikel yang lain di
Google News
(ACF)




TERKAIT

BERITA LAINNYA

social
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan