Jakarta: Rumah123 menjalin kerjasama dengan PT Ringkas Asia Technology (Ringkas), platform KPR digital di Indonesia dalam memperkuat upaya mempermudah akses pembiayaan rumah. Kerja sama tersebut untuk meningkatkan efisiensi proses pengajuan KPR bagi para pencari properti.
Dengan kolaborasi ini, konsumen kini memiliki akses lebih luas ke solusi pembiayaan, termasuk jaringan 28 rekanan bank dari Ringkas, sehingga proses pengajuan KPR menjadi lebih cepat dan efisien, sekaligus tetap memperkuat perannya sebagai marketplace utama yang menghubungkan pencari rumah dengan opsi pembiayaan yang terpercaya.
Sebagai platform KPR digital, Ringkas berperan penting dalam kolaborasi ini. Sementara Rumah123 sudah memiliki ekosistem properti yang kuat, Ringkas meningkatkan pengalaman dengan mengubah proses KPR tradisional yang seringkali rumit menjadi pengalaman digital yang efisien.
Tidak seperti sistem konvensional yang melibatkan pra-kualifikasi yang terfragmentasi, pengajuan manual yang panjang, dan kurangnya transparansi, Ringkas menyediakan solusi digital menyeluruh yang memungkinkan pengguna untuk menilai kelayakan finansial, mensimulasikan perhitungan pinjaman, dan memverifikasi data dengan aman—semuanya dari perangkat seluler atau laptop.
CEO Rumah123, Wasudewan mengatakan sebagai marketplace properti nomor satu di Indonesia, prioritas kami adalah memberikan pengalaman kepemilikan rumah yang mulus dan komprehensif bagi pengguna.
Baca juga: BI Putuskan Tahan Suku Bunga! Ini Dampaknya ke Cicilan KPR, Kredit, dan Tabunganmu |
"Dengan bermitra bersama Ringkas, kami meningkatkan layanan KPR bagi para pelanggan dengan berbagai kebutuhan finansial dan menciptakan proses pembiayaan yang lebih efisien, dengan tetap memastikan seluruh pengalaman ini berada dalam ekosistem terpercaya Rumah123," ujar dia dalam keterangan tertulis, Rabu, 19 Maret 2025.
Co-Founder Ringkas, Ilya Kravtsov, menambahkan Ringkas adalah salah satu platform di Indonesia yang telah terdaftar di OJK yang berfokus untuk memastikan bahwa calon pembeli rumah mendapatkan pilihan terlengkap dan pengalaman terbaik saat mengajukan aplikasi KPR.
"Dengan fokus kami pada kepatuhan dan perlindungan data pelanggan, Ringkas ingin berkontribusi pada kesuksesan ekosistem Rumah123," ungkap dia.
Meningkatnya pertumbuhan minat untuk membeli hunian di kalangan generasi muda melalui Rumah123 sebesar 78,6 persen year-on-year di tahun 2024, ditambah langkah pemerintah mengeluarkan berbagai insentif, seperti PPN-DTP dan upaya mewujudkan program 3 juta rumah per tahunnya di Indonesia, kebutuhan akan solusi KPR yang mudah diakses dan fleksibel juga semakin tinggi.
Dalam kolaborasi ini, Ringkas memastikan proses KPR berjalan lancar dengan integrasi yang lancar dengan platform Rumah123, sehingga calon pembeli rumah dapat beralih dengan mudah dari pencarian properti hingga pengajuan pembiayaan.
Dengan memanfaatkan analisis kredit yang canggih, Ringkas mencocokkan pembeli dengan produk KPR yang paling sesuai dari bank mitra, menawarkan proses pengajuan yang transparan dan terarah.
Dengan ekosistem yang saling mendukung, kerja sama ini menghadirkan pengalaman lebih seamless bagi calon pembeli rumah, memastikan setiap langkah, mulai dari pencarian properti hingga proses pembiayaan, dapat dilakukan dengan semakin praktis, aman, dan efisien.
Cek Berita dan Artikel yang lain di