Konsep hunian TOD semakin diminati Foto: Kementerian PUPR
Konsep hunian TOD semakin diminati Foto: Kementerian PUPR

Hunian TOD Peluang Pengembang Bangun Rumah di Perkotaan

Properti perumahan sejuta rumah bedah rumah Penyediaan Rumah Kementerian PUPR
Rizkie Fauzian • 08 Oktober 2020 16:56
Bogor: Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) meminta para pengembang di Indonesia untuk ikut andil dalam pembangunan Hunian Berbasis Transit atau Transit Oriented Development (TOD) di berbagai wilayah di Indonesia.
 
Adanya pembangunan TOD dinilai sangat bermanfaat untuk optimalisasi lahan yang ada di kawasan perkotaan serta menyediakan hunian yang layak bagi masyarakat termasuk para generasi milenial di masa mendatang.
 
"Hunian Berbasis Transit atau TOD merupakan peluang bagi pengembang swasta untuk ikut andil dalam pembangunan perumahan di kawasan perkotaan," ujar Direktur Jenderal Perumahan Kementerian PUPR Khalawi Abdul Hamid dalam keterangan tertulis, Kamis, 8 Oktober 2020.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Kementerian PUPR bersama kementerian/lembaga terkait lainnya siap menggandeng sejumlah asosiasi pengembang perumahan serta para pengusaha guna menyusun konsep agar TOD menjadi menarik bagi masyarakat dan menjadi pasar perumahan yang baik.
 
Pada 2019 lalu Kemenhub dan Kementerian BUMN, Perumnas juga telah memulai pembangunan TOD melalui groundbreaking di sejumlah daerah khususnya di simpul-simpul transportasi di Jabodetabek.
 
"Pembangunan TOD sangat diperlukan untuk menyelaraskan pembangunan perumahan bagi masyarakat di perkotaan," tambah dia.
 
Program TOD akan masuk dalam Renstra Kementerian PUPR 2020-2024 dalam upaya pengembangan perumahan tahun dan perlu implementasi yang baik di lapangan serta mendukung Program Sejuta Rumah," katanya.
 
Lebih lanjut, Khalawi menambahkan pihaknya kini tengah menyusun kerangka kebijakan yang operasional dalam pembangunan TOD untuk optimalisasi penggunaan lahan yang terintegrasi dengan simpul transportasi.
 
TOD yang dibangun secara vertikal juga menjadi hunian layak bagi masyarakat dan membantu masyarakat di perkotaan agar lebih mudah dalam mobilisasi.
 
"Beberapa waktu lalu pemerintah juga telah melaksanakan groundbreaking TOD tidak jauh dari Stasiun Rawa Buntu. Dari target pembangunan enam tower sebanyak dua tower nantinya akan dimanfaatkan untuk tempat tinggal MBR. Jadi TOD ini juga menjadi upaya pemerintah menyediakan hunian yang layak bagi masyarakat," harapnya.
 
(KIE)


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif