Bedah rumah di Ambon, Maluku. Foto: Kementerian PUPR
Bedah rumah di Ambon, Maluku. Foto: Kementerian PUPR

Kementerian PUPR Perbaiki Puluhan Rumah di Ambon

Properti perumahan sejuta rumah bedah rumah Penyediaan Rumah Kementerian PUPR
Rizkie Fauzian • 16 September 2020 10:44
Jakarta: Pembangunan rumah layak huni untuk masyarakat terus dilakukan di seluruh Indonesia melalui Program Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS) atau bedah rumah.
 
Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) salah satunya melakukan perbaikan atau bedah rumah di Desa Batumerah, Kota Ambon Provinsi Maluku.
 
Kepala Balai Pelaksana Penyediaan Perumahan (BP2P) Maluku, Yones Yubilia Biring mengatakan bedah rumah merupakan program pemerintah yang ditujukan bagi masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) yang rumahnya dikategorikan tidak layak huni menjadi layak untuk dihuni.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Untuk itu dana stimulan yang diberikan oleh pemerintah sejumlah Rp17,5 juta kepada penerima bantuan (PB) dapat dipergunakan sebagaimana mestinya untuk memperbaiki dan meningkatkan kualitas hunian yang dimiliki," katanya dalam keteramgan tertulis, Rabu, 16 September 2020.
 
Desa Batumerah di Kota Ambon mendapat bantuan bedah rumah sebanyak 40 unit. Dari jumlah tersebut sebanyak 28 unit rumah yang telah selesai pembangunan fisiknya, sementara 12 unit tersisa dalam proses penyelesaian pembangunan tahap akhir.
 
Sedangkan Desa Hunuth memperoleh bantuan bedah rumah untuk 45 unit yang seluruhnya sudah selesai proses pembangunannya. Selain itu, bedah rumah di Kota Ambon juga dilaksanakan di Desa Ssilale (23 unit) dan Desa Nusaniwe (20 unit).
 
“Kami siap membantu masyarakat untuk melakukan bedah rumah. Adanya keswadayaan dan dukungan masyarakat membuat Program bedah rumah ini bisa berjalan lancar di lapangan," kata Kepala BP2P Maluku Yones Yubilia.
 
Dirjen Perumahan Kementerian PUPR Khalawi Abdul Hamid mengungkapkan bedah rumah menjadi program pemerintah yang sangat dibutuhkan masyarakat. Terlebih bagi masyarakat berpenghasilan rendah yang rumahnya dikategorikan tidak layak huni.
 
"Program BSPS hanyalah stimulan yang diberikan oleh pemerintah kepada masyarakat untuk mewujudkan rumah yang layak huni. Jadi program ini harus di dukung dan dana yang disalurkan dapat dipergunakan sebaik mungkin di lapangan," ungkapnya.
 
(KIE)


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif