Sebanyak 1.200 rumah tak layak huni di Kota Pariaman perlu perbaikan. Ilustrasi: MI
Sebanyak 1.200 rumah tak layak huni di Kota Pariaman perlu perbaikan. Ilustrasi: MI

111 Rumah Tak Layak Huni di Pariaman Dapat Bantuan Rp50 Juta

Properti Bedah Rumah Program Sejuta Rumah Penyediaan Rumah Kementerian PUPR
Antara • 21 April 2022 16:30
Simpang Empat: Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) dan Pemerintah Kota (Pemkot) Pariaman, Sumatera Barat membangunkan 111 unit rumah masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) tahun ini. Penerima bantuan tersebut tersebar di empat kecamatan di Kota Pariaman.
 
"Sekarang menunggu dana dari pusat. Mei sudah bisa direalisasikan. Penerima bantuan itu untuk MBR yang tidak memiliki rumah dan memiliki tanah bersertifikat," kata Kepala Dinas Perumahan Rakyat Kawasan Permukiman dan Lingkungan Hidup Kota Pariaman Feri Andri di Pariaman, Rabu, 21 April 2022.
 
Menurutnya, dana yang diberikan untuk perbaikan adalah Rp50 juta dengan rincian Rp20 juta dari Kementerian PUPR dan Rp30 juta dari Pemkot Pariaman, sisa dana pembangunannya ditambah penerima tersebut. 
 
Pembangunan rumah tersebut dilaksanakan oleh penerima sedangkan organisasi perangkat daerah yang dipimpinnya tinggal mengawasi pengerjaannya.
 
"Kami tinggal mengontrol dan mengawasi. Bangunan yang dikerjakan permanen tipe 36," jelasnya.
 
Feri menambahkan, bantuan pembangunan rumah dengan kerjasama antara pemerintah pusat dengan Pemkot Pariaman tersebut baru pertama kali diterapkan di daerah itu.
 
"Tahun sebelumnya Pariaman juga mendapatkan bantuan tapi sifatnya rehabilitasi untuk 49 rumah," ujarnya.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Meskipun Kota Pariaman tahun ini mendapatkan bantuan program tersebut sebanyak 111 unit rumah namun masih banyak warga ekonomi rendah yang belum memiliki rumah.
 
Feri menyebutkan setidaknya ada sekitar 1.200 unit rumah lagi yang perlu dibangun untuk warga ekonomi rendah di Kota Pariaman.
 
"Karena masih banyak maka tahun ini kami usulkan lagi agar tahun depan Pariaman juga mendapatkan program yang sama," kata dia.
 
Dirinya berharap program tersebut terus ada setidaknya dalam lima tahun ke depan agar warga ekonomi rendah di Kota Pariaman dapat memiliki rumah yang layak.

 
(KIE)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif