Pameran bertajuk Indonesia Properti Expo (IPEX) 2022 kembali digelar. Foto: Kementerian PUPR
Pameran bertajuk Indonesia Properti Expo (IPEX) 2022 kembali digelar. Foto: Kementerian PUPR

Manfaatkan IPEX, Masyarakat Bisa Berburu Rumah Murah Rp168 Jutaan

Rizkie Fauzian • 14 Agustus 2022 09:50
Jakarta: Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) bersama Bank Tabungan Negara (BTN) menyelenggarakan pameran perumahan Indonesia Properti Expo (IPEX) 2022. Pameran digelar di JCC Senayan Jakarta mulai dari 13 hingga 21 Agustus 2022.
 
Dalam pameran kali ini diikuti oleh 55 pengembang perumahan subsidi dan komersial serta menampilkan 315 proyek perumahan di wilayah Jabodetabek dan kota besar lainnya seperti Bandung dan Surabaya. Harga jual properti yang akan dipasarkan selama pameran ini adalah mulai Rp168 juta hingga miliaran.
 
"Acara Indonesia Properti Expo 2022 secara resmi saya buka. Pelaksanaan IPEX 2022 merupakan rangkaian dari peringatan Hari Perumahan Nasional (Hapernas) yang diperingati setiap tanggal 25 Agustus," kata Direktur Jenderal Perumahan Kementerian PUPR Iwan Suprijanto saat membuka pameran, Sabtu, 14 Agustus 2022.
 
Dirinya berharap ajang ini dapat menjadi refleksi bersama untuk meningkatkan upaya dan sinergi dalam mewujudkan penyediaan perumahan layak huni dan terjangkau bagi seluruh lapisan masyarakat khususnya Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR). 
 
Baca juga: Milenial Bisa Manfaatkan Program Sejuta Rumah Beli Hunian Pertama

"Apresiasi diberikan kepada BTN sebagai bank yang telah menjadi mitra strategis Pemerintah  dalam rangka mendorong akses pembiayaan perumahan yang terjangkau bagi MBR," jelasnya.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Hal itu merupakan bentuk dukungan nyata perbankan dalam mendorong capaian Program Satu Juta Rumah sekaligus sebagai akselerator terciptanya Pemulihan Ekonomi Nasional.
 
"Di tengah masa pandemi covid-19, sektor properti merupakan sektor masih tumbuh positif. Sektor properti memiliki multiflier effect yang dapat menghidupkan 174 subsektor industri 
lain yang akan dapat mempercepat dan membantu program Pemerintah dalam Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN)," ungkapnya.
 
Selain itu, BTN juga selalu melakukan berbagai inovasi dalam memfasilitasi bantuan pembiayaan rumah bersubsidi bagi seluruh lapisan masyarakat. Adapun program KPR yang ditawarkan untuk para kelompok generasi milenial maupun kredit mikro bagi kelompok MBR yang berpenghasilan tidak tetap (non fixed income).
 
BTN sebagai bank dengan jumlah penyaluran KPR subsidi terbesar dengan total penyaluran Rp7,9 Triliun atau sebanyak 71.209 unit rumah. 
 
"Saya berharap adanya pameran ini pasar properti di Indonesia dapat tumbuh dan terus meningkat di masa mendatang dan dapat memberi kesempatan kepada masyarakat untuk mengetahui jenis properti yang ditawarkan serta membuka peluang bagi BTN untuk mengetahui daya serap pasar perumahan di tahun ini," ungkapnya.
 
Kementerian PUPR juga membuka stan khusus dalam Pameran IPEX 2022 ini. Masyarakat yang ingin mendapatkan berbagai informasi tentang program perumahan pemerintah khususnya Program Sejuta Rumah bisa datang langsung ke lokasi pameran. 
 
(KIE)




LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif