Gunakan uang THR untuk investasi properti di kampung halaman. Foto: Shutterstock
Gunakan uang THR untuk investasi properti di kampung halaman. Foto: Shutterstock

Mudik ke Kampung Halaman Sekaligus Investasi Properti

Properti investasi properti Bisnis Properti Investasi Rumah Tips beli rumah Beli rumah pertama
Rizkie Fauzian • 29 April 2022 20:42
Jakarta: Situasi pandemi covid-19 di Indonesia terus membaik sehingga pemerintah memperbolehkan masyarakat untuk mudik tahun ini. Selain itu, Tunjangan Hari Raya (THR) Keagamaan juga harus dibayar penuh dan tepat waktu.
 
Country Manager Rumah.com Marine Novita menganjurkan para pekerja yang akan mendapatkan THR agar merencanakan penggunaan dana tambahan yang diterima tersebut secara bijak. 
 
"Selain membelanjakan THR untuk kebutuhan primer menjelang lebaran, THR juga bisa digunakan untuk hal lain yang bermanfaat dalam jangka panjang seperti mengurangi hutang, menambah tabungan, dana darurat ataupun juga bisa untuk investasi dengan membangun rumah di kampung halaman," jelasnya dalam keterangan tertulis, Jumat, 29 April 2022.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Terlebih lagi, survei Rumah.com Consumer Sentiment Study H1 2022 menemukan beberapa fakta menarik terkait fenomena ini, 64 persen responden terpikir untuk tinggal di luar Jabodetabek apabila kondisi pekerjaan memungkinkan untuk itu, misalnya dengan skema WFH.
 
Sementara itu, 52 persen responden memilih untuk membeli rumah jadi, tetapi ada 48 persen lainnya yang memilih untuk membangun rumah sendiri.
 
"Alasan untuk membangun rumah sendiri antara lain sesuai dengan kebutuhan, ingin berbeda dari rumah lain, supaya biayanya lebih murah, dan mumpung sudah ada tanahnya," ujarnya.
 
Menurut Rumah.com Consumer Sentiment Study H1 2022, responden yang memilih untuk membangun rumah sendiri, mayoritas berencana untuk membeli tanah secara tunai. 
 
Sedangkan cara atau sumber lain untuk mendapatkan tanahnya menurut responden, di antaranya adalah 24 persen masih tidak tahu dari mana, 19 persen responden menyatakan akan mengambil pinjaman untuk membeli tanah.
 
"Sedangkan 12 persen responden menyatakan sudah memiliki tanah yang akan dibangun, dan 7 persen responden lainnya menyatakan akan menggunakan tanah keluarga," katanya.
 
Rumah.com Consumer Sentiment Study dilakukan secara berkala dua kali dalam setahun oleh Rumah.com sebagai portal properti terdepan di Indonesia bekerjasama dengan lembaga riset Intuit Research, Singapura untuk mengetahui dinamika pasar properti tanah air. 
 
Survei kali ini berdasarkan 1031 responden dari seluruh Indonesia yang berlangsung pada bulan Juli hingga Desember 2021.
 
(KIE)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif