BSI telah menyalurkan pembiayaan produk Griya Hasanah (KPR) mencapai Rp40 triliun. Ilustrasi: Shutterstock
BSI telah menyalurkan pembiayaan produk Griya Hasanah (KPR) mencapai Rp40 triliun. Ilustrasi: Shutterstock

Pacu Pembiayaan Rumah, BSI Sasar Milenial

Rizkie Fauzian • 07 Desember 2021 18:24
Jakarta: PT Bank Syariah Indonesia (BSI) memperluas ekspansi segmen konsumen dengan memacu kinerja pembiayaan rumah untuk generasi milenial. Salah satunya dengan kerjasama dengan Lamudi.co.id.
 
Hingga akhir kuartal III-2021, BSI telah menyalurkan pembiayaan produk Griya Hasanah (KPR) mencapai Rp40 triliun. Pencapaian itu naik sekitar 10,40 persen dibandingkan dengan periode yang sama pada 2020, dengan didominasi pembelian rumah baru.
 
SEVP Consumer Banking BSI Wawan Setiawan mengatakan BSI menyasar nasabah milenial yang menginginkan program kepemilikan rumah dengan prinsip syariah, harga kompetitif, dan proses yang cepat. 

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"BSI pun siap menjalin kemitraan strategis dengan para developer yang kompeten dan capable. Sehingga harapannya industri properti dapat digarap secara optimal dan sustain, tentunya dengan menerapkan prinsip syariah," ujarnya dalam keterangan tertulis, Selasa, 7 Desember 2021.
 
Adapun BSI saat ini berada pada posisi kelima terbesar secara nasional sebagai bank penyalur pembiayaan rumah. Mayoritas penyaluran pembiayaan rumah oleh BSI didominasi di Pulau Jawa 68 persen dan di luar pulau jawa 32 persen. 
 
CEO Lamudi.co.id Mart Polman menyampaikan bahwa 2021 menunjukkan keoptimisan bahwa industri properti akan kembali bangkit setelah menghadapi ketidakpastian yang disebabkan oleh pandemi covid-19 pada 2020. 
 
"Lamudi.co.id melihat tren positif pertumbuhan pencarian properti online pada tahun 2021 dengan pertumbuhan year-over-year sebesar 44,5 persen pada September 2020 ke 2021," jelas Mart.
 
Sementara itu, untuk meningkatkan kinerja pembiayaan pada akhir tahun, BSI memberikan terobosan dan inovasi bagi nasabah yakni kemudahan akses digital pembiayaan rumah sesuai syariah dengan menggandeng Lamudi.co.id di Lamudi Property Fair 2021 pada 9 November hingga 16 Desember 2021.
 
Lamudi.co.id mencatat kenaikan 100 kali lipat jumlah total pengguna selama lima tahun ke belakang dan melihat perkembangan yang cukup pesat pada pengguna berusia 25 sampai 34. 
 
Meski demikian, usia 35 sampai 54 juga mengalami kenaikan yang signifikan hingga 5 kali lebih banyak pengguna di usia ini pada tahun ini dibanding 2016. 
 
VP Corporate Sales Lamudi.co.id Michael Kauw juga menambahkan bahwa meski ada perubahan perilaku konsumen untuk beralih ke online, sebagai PropTech, Lamudi.co.id menyadari bahwa preferensi para calon pembeli masih pada metode pemasaran hybrid (offline dan online). 
 
"Bagi beberapa calon pembeli properti, terutama yang lebih berpengalaman, relasi secara langsung membangun tingkat kepercayaan lebih untuk mereka dapat kembali sebagai returning customer," jelas Michael. 
 
Dalam ajang ini, BSI menggaet konsumen khususnya generasi milenial melalui pencarian rumah secara online yang aman dan langsung terafiliasi resmi dengan BSI. Acara ini pun menjadi wadah antara BSI dan developer untuk menawarkan berbagai pilihan proyek properti sesuai dengan kebutuhan konsumen.
 
Menurut Wawan, target dari pembiayaan properti melalui produk BSI Griya pada event tersebut mencapai 1.000 database pengunjung melalui event hybrid. 
 
"Oleh karena itu ke depan BSI akan terus berkomitmen menyalurkan pembiayaan kepemilikan rumah untuk seluruh lapisan masyarakat dengan skema pembiayaan syariah," ujar Wawan.
 
Dengan konsep hybrid yang ditawarkan Lamudi Property Fair, BSI pun berupaya memberikan experience baru kepada nasabah. Lamudi Property Fair dipilih BSI sebagai partner untuk memfasilitasi nasabah dalam mencari griya yang sesuai kebutuhan dan diharapkan mampu memberikan informasi yang akurat sesuai pilihan nasabah. 

 
(KIE)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif