Gedung Kementerian PUPR. Foto: Medcom.id
Gedung Kementerian PUPR. Foto: Medcom.id

Kementerian PUPR Serah Terima BMN Senilai Rp19,08 Triliun

Rizkie Fauzian • 07 Desember 2022 18:20
Jakarta: Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) serah terima Barang Milik Negara (BMN) senilai Rp19,08 triliun. BMN tersebut diserahkan kepada Kementerian/Lembaga, 26 pemerintah provinsi, 391 pemerintah kabupaten/kota/desa, lima perguruan tinggi dan 156 yayasan di seluruh Indonesia guna dikelola untuk kesejahteraan serta meningkatkan pelayanan publik kepada masyarakat.
 
"Kementerian PUPR siap membangun infrastruktur dari dana ABPN untuk kesejahteraan masyarakat," ujar Menteri PUPR Basuki Hadimuljono dalam kegiatan Seremoni Serah Terima Barang Milik Negara Kementerian PUPR bertemakan 'Uang Kita Sigap Membangun Negeri', di Auditorium Kementerian PUPR, Rabu, 7 Desember 2022.
 
Menteri Keuangan Sri Mulyani menjelaskan pembangunan infrastruktur yang dilaksanakan oleh Kementerian PUPR dilaksanakan menggunakan dana APBN yang harus memiliki kualitas baik dan memberikan banyak manfaat bagi masyarakat. Selain itu, aset BMN yang ada juga harus dikelola dan diserahterimakan kepada berbagai pihak agar bisa dikelola dengan baik dan dirawat sehingga masyarakat bisa merasakan manfaat pembangunan tersebut.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Sesuai arahan Presiden Joko Widodo yang menyatakan negara harus hadir dalam kehidupan masyarakat. Salah satunya dengan pembangunan infrastruktur yang dibangun Kementerian PUPR di seluruh wilayah Indonesia," jelasnya.
 
Baca juga: Menteri PUPR Harap Investor Mulai Tanam Modal ke IKN di Kuartal II-2023

Sekretaris Jenderal Kementerian PUPR Mohammad Zainal Fatah dalam laporannya menyampaikan total BMN yang diserahterimakan sebanyak Rp19,08 triliun. BMN tersebut terbagi menjadi dua yakni BMN yang dialihkan status penggunaannya sebanyak Rp1,46 triliun dan Hibah BMN senilai Rp17,63 triliun.
 
Aset BMN yang ada di kelola oleh Kementerian PUPR berdasarkan hasil audit senilai Rp2.230 Triliun. Kementerian PUPR sebelumnya juga telah melaksanakan serah terima BMN Tahap I pada 29 Maret 2022 lalu senilai Rp222,5 triliun.
 
Berdasarkan data yang ada, Kementerian PUPR melaksanakan serahterima aset kepada beberapa pihak di antaranya tiga Kementerian/Lembaga senilai Rp1,46 triliun, 26 pemerintah provinsi senilai Rp3 triliun, 391 pemerintah kabupaten/kota/desa senilai Rp14,12 triliun, lima perguruan tinggi Rp149,6 miliar, dan 156 yayasan senilai Rp350,9 miliar.
 
"Untuk hibah BMN terdiri dari BMN Direktorat jenderal Cipta Karya senilai Rp13,2 triliun, Ditjen Perumahan Rp2,4 triliun, Ditjen Bina Marga Rp1,8 triliun dan Ditjen Sumber Daya Air Rp161 miliar," jelasnya.
 

Jangan lupa ikuti update berita lainnya dan follow akun google news medcom.id


 
(KIE)




LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif