Maket EcoHome Apartment  (Foto: Medcom.id/Rizkie Fauzian)
Maket EcoHome Apartment (Foto: Medcom.id/Rizkie Fauzian)

Lima Keuntungan Tinggal di Hunian Ramah Lingkungan

Properti green building
Rizkie Fauzian • 19 Februari 2019 20:23
Jakarta: Meski hunian dengan konsep green building atau ramah lingkungan belum begitu populer di Indonesia, penerapannya sudah banyak dilakukan. Mulai dari rumah, apartemen, hingga perkantoran. 
 
Konsep hunian ramah lingkungan ini ternyata memiliki sejumlah keuntungan. Selain hidup lebih sehat juga bisa lebih hemat. Yuk, simak ulasannya berikut ini.
 
1. Lebih Hemat Energi

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Hunian dengan konsep ini dipastikan lebih hemat energi hingga 40 persen. Contoh, untuk menghemat listrik, beberapa jendela digunakan untuk meminimalkan penggunaan lampu.
 
2. Mengurangi Limbah Air
 
Bangunan ramah lingkungan biasanya memanfaatkan limbah air menjadi sesuatu yang lebih berguna. Misalnya, sisa air limbah yang diolah kembali bisa digunakan untuk menyiram tanaman.
 
3. Daur Ulang Limbah
 
Selain mengurangi limbah air, konsep bangunan ramah lingkungan juga biasanya bisa mengurangi dampak lingkungan negatif. Misalnya, sampah dimanfaatkan sebagai pupuk.
 
4. Penghuni Lebih Sehat
 
Rumah ramah lingkungan biasanya memiliki ventilasi dan sirkulasi udara yang baik, serta pencahayaan lebih maksimal. Hal tersebut tentu saja membuat penghuni rumah lebih sehat.
 
5. Peningkatan Produktivitas 
 
Penghuni bangunan berkonsep ramah lingkungan diyakini produktivitasnya meningkat. Beberapa studi menunjukkan absen pekerja bisa dikurangi hingga 40 persen. Bangunan ramah lingkungan juga mampu menekan stres, mendukung kehidupan yang lebih sehat, dan lingkungan sosial yang baik.
 
(KIE)


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif