Associate Director Ciputra Residence Yance Onggo menjelaskan konsep green building di EcoHome Apartment (Foto: Medcom/Rizkie Fauzian)
Associate Director Ciputra Residence Yance Onggo menjelaskan konsep green building di EcoHome Apartment (Foto: Medcom/Rizkie Fauzian)

Investasi Lebih Mahal, Perawatan Efisien

Properti green building
Rizkie Fauzian • 19 Februari 2019 19:07
Tangerang: Konsep hunian baru mulai banyak ditawarkan pengembang, mulai dari urban living hingga green living.
 
Konsep urban living menitikberatkan pada kemajuan peradaban modern ala perkotaan, sementara green living berkonsep hunian ramah lingkungan.
 
Dengan konsep khusus, biasanya nilai investasi pembangunan hunian tersebut menjadi lebih mahal dibandingkan bangunan konvensional.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Investasi di awal memang lebih mahal, misalnya dengan penggunaan lampu LED sebagai penerangan," kata Associate Director Ciputra Residence Yance Onggo kepada Medcom.id, di Tangerang, Selasa, 19 Februari 2019.
 
Hunian dengan konsep ramah lingkungan juga dianggap memiliki keuntungan yang tidak terlalu besar, padahal biaya investasinya lebih mahal.
 
"Jika berbicara keuntungan, saya rasa konsep ini justru mengurangi keuntungan, tapi ini bagian dari kontribusi kita terhadap lingkungan," kata Yance menjelaskan.
 
Meski investasi mahal serta keuntungan yang tidak tinggi, Yance mengakui jika perawatan hunian ramah lingkungan jauh lebih efisien. "Selain itu, ke depannya dengan konsep ini bisa lebih hemat energi," kata dia.
 
Ciputra Group menerapkan konsep ramah lingkungan terhadap setiap proyeknya, terutama proyek residensial. Dengan konsep eco culture, proyek-proyek yang dikembangkan menggunakan konsep green building.
 
"Proyek Ecopolis semuanya mengusung eco culture, yaitu metode kerja, material, bekas limbah air semuanya sesuai konsep green bulding," ucap Yance.

 

(KIE)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif