Merdeka 118 menjadi gedung tertinggi kedua di dunia. Foto: Fender Katsalidis
Merdeka 118 menjadi gedung tertinggi kedua di dunia. Foto: Fender Katsalidis

Populer Properti: Terowongan di IKN hingga Dereta Gedung Pencakar Langit Baru

Rizkie Fauzian • 09 September 2022 09:08
Jakarta: Beberapa berita di kanal properti Medcom.id menjadi sorotan pembaca. Salah satunya terowongan di IKN yang lindungi flora dan fauna hingga deretan gedung jangkung di dunia.
 
Berikut tiga berita terpopuler properti Medcom.id pada Kamis, 8 September 2022:

1. Lindungi Flora dan Fauna, Terowongan Berteknologi Khusus Bakal Dibangun di IKN

Satuan Tugas (Satgas) Pelaksanaan Pembangunan Infrastruktur Ibu Kota Negara (IKN) akan menyiapkan terowongan dengan mengadopsi teknologi immersed tunnel yang akan menyeberangi Teluk Balikpapan di IKN Nusantara.
 
"Kenapa kita membuat immersed tunnel? Karena ingin menjaga lingkungan yang mana di situ terdapat area satwa yang harus kita lindungi," ujar Ketua Satuan Tugas (satgas) Pelaksanaan Pembangunan Infrastruktur IKN Danis Hidayat Sumadilaga dalam webinar Hutama Karya ExperTalk di Jakarta, Kamis, 8 September 2022.
 
Satgas bisa saja membuat jembatan, tetapi dalam konteks menjaga lingkungan maka yang diutamakan adalah pembangunan immersed tunnel yang akan menyeberangi Teluk Balikpapan di ujung jalan tol.
 
Baca selengkapnya di sini

2. Pasar Rumah Tapak di Tangerang dan Bekasi Makin Tumbuh, LPKR Siapkan Strategi

Pasar rumah tapak atau residensial di kawasan Tangerang dan Bekasi menjadi yang paling menarik di area Jabodetabek. Bahkan, suplai dan permintaan rumah tapak di Tangerang menjadi yang paling tinggi di wilayah Jabodetabek pada semester I-2022. 
 
Dalam laporan Marketbeat Greater Jakarta, Landed Residential H1 2022, konsultan properti Cushman & Wakefield menyebutkan total pasokan rumah tapak di Tangerang mencapai 205.767 unit dengan permintaan 196.337 unit sehingga rata-rata penjualan (sales rate) mencapai 95,4 persen. 
 
Di peringkat kedua, Bekasi dengan suplai residensial 93.717 unit dan permintaan 89.424 unit sehingga sales rate mencapai 95,4 persen. 
 
Baca selengkapnya di sini

3. Ini Deretan Gedung Jangkung di Dunia yang Siap Kalahkan Burj Khalifa

Gedung pencakar langit merupakan bangunan bergengsi yang menunjukkan kekuatan dan kekayaan suatu kota atau negara. Maka tak heran jika banyak negara yang berlomba-lomba membangun gedung jangkung.
 
Misalnya di Dubai Burj Khalifa yang masih memecahkan rekor sebagai bangunan tertinggi di dunia dengan ketinggian mencapai 828 meter. Tiongkok punya Shanghai Tower dengan tinggi 632 meter dan Indonesia ada Gama Tower dengan tinggi 285,5 meter.
 
Namun, beberapa negara menerapkan aturan ketat dalam membangun gedung jangkung. Alasannya demi menjaga kelestarian dan menghormati warisan-warisan dengan mempertahankan bangunan lama di negara tersebut.
 
Baca selengkapnya di sini 

 
(KIE)




LEAVE A COMMENT
LOADING
social
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif