Penggunaan semen hijau yang rendah karbon merupakan upaya kolektif untuk mereduksi gas rumah kaca. Foto: SIG
Penggunaan semen hijau yang rendah karbon merupakan upaya kolektif untuk mereduksi gas rumah kaca. Foto: SIG

SIG Gunakan Ekosistem Digital untuk Kenalkan Semen Hijau

Rizkie Fauzian • 15 September 2024 11:00
Jakarta: PT Semen Indonesia (Persero) Tbk (SIG) mengelola hubungan pelanggan (customer relationship management) melalui program Customer Connectivity. Melalui program tersebut, SIG menjalankan aktivitas digital marketing secara menyeluruh.
 
Customer Connectivity adalah program yang menghubungkan seluruh segmen pelanggan melalui ekosistem digital sehingga Perusahaan dapat lebih dekat dengan pelanggan, sekaligus meningkatkan brand equity dan kinerja penjualan.
 
Ekosistem digital tersebut juga membantu Perusahaan mendapatkan analisis big data mengenai kebutuhan pelanggan dan kondisi pasar sebagai landasan untuk menetapkan strategi bisnis yang tepat.

GM of Brand Management SIG Sasha Media mengatakan, SIG memiliki jaringan pelanggan yang luas di seluruh wilayah Indonesia. Melalui program Customer Connectivity, SIG berhasil menghubungkan 60 ribu toko, 1.600 tenaga penjualan distributor, serta lebih dari 12 ribu tukang bangunan, dalam sebuah ekosistem digital.
 
“Penghargaan ini merupakan apresiasi atas keberhasilan inovasi SIG dalam mengelola relasi dengan pelanggan, sekaligus menjadi motivasi untuk terus berinovasi menghadirkan program-program unggulan lainnya agar selalu dekat dengan pelanggan dan menjadi yang terdepan dalam memberikan solusi bahan bangunan,” kata Sasha dalam keterangan tertulis, Minggu, 15 September 2024.
 
Baca juga: Semen Hijau, Inovasi Konstruksi yang Ramah Lingkungan

SIG melalui program Customer Connectivity, menjalankan aktivitas digital marketing secara menyeluruh, mulai dari tukang bangunan, pemilik toko, tenaga penjualan, distributor, pemilik rumah, hingga pemangku kepentingan lainnya seperti instansi pemerintah, konsultan, akademisi, dan pelanggan korporasi.
 
Adapun ekosistem pemasaran dan penjualan digital SIG, meliputi platfom grup perbincangan komunitas dan Jagobangunan.com untuk para tukang, mandor, dan kontraktor; AksesToko untuk pemilik toko, distributor dan tenaga penjualan; serta SobatBangun untuk layanan pembangunan dan renovasi rumah terintegrasi untuk pemilik rumah/bangunan.
 
Tidak hanya menjadi media pemasaran dan penjualan produk-produk SIG, serta sarana untuk berbagi pengetahuan, ekosistem digital tersebut juga menjadi wadah interaksi (engagement) antara Perusahaan dengan pelanggan melalui berbagai aktivasi, seperti kuis, dan media promosi. 
 
Corporate Secretary SIG Vita Mahreyni menyampaikan, ekosistem pemasaran dan penjualan digital merupakan wujud komitmen SIG untuk memberikan layanan terbaik bagi pelanggan. SIG juga mengoptimalkan ekosistem digital sebagai sarana edukasi bagi pelanggan, salah satunya mengenai pentingnya penggunaan semen hijau yang ramah lingkungan.
 
"Penggunaan semen hijau yang rendah karbon merupakan upaya kolektif untuk mereduksi gas rumah kaca penyebab perubahan iklim untuk menciptakan kehidupan yang lebih baik," ujar Vita Mahreyni.
 
Berkat program tersebut SIG meraih penghargaan Customer Engagement Program of the Year pada ajang Marketeers Editor’s Choice Award 2024. Penghargaan diserahkan oleh Editor in Chief Marketeers, Sigit Kurniawan kepada GM of Brand Management SIG, Sasha Media di The Ballroom at Djakarta Theater pada Kamis, 12 September 2024.

 
Cek Berita dan Artikel yang lain di
Google News
(KIE)




TERKAIT

BERITA LAINNYA

social
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan